Rabu, 09 Maret 2011

10 Saran untuk Merawat Gigi

    Tahukah anda? Gigi adalah organ tubuh yang paling kuat selain tulang. Gigi dan tulang adalah dua organ terakhir manusia yang membusuk. Kandungan kalsium gigi yang tinggi membuat struktur gigi begitu kuat. Tapi bayangkan jika gigi berlubang atau sariawan mendera gusi. Pasti rasanya kepala pusing dan pikiran tidak dapat berkonsentrasi. Berikut ini saya bagikan saran-saran untuk merawat gigi:
01. Biasakan berkumur sesudah makan apapun agar kesehatan gigi terjaga dan terhindar dari sakit gigi. Setelah makan banyak sekali sisa makanan yang nyelip di gigi yang dapat menimbulkan karies.

02. Waspadalah bila daerah persendian rahang berbunyi saat digerakkan. Itu adalah pertanda adanya masalah fungsional gigi dan mulut. Sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter gigi bila mengalaminya. Bila persendian rahang tetap berbunyi ada risiko terjadi dislokasi pada rahang.
03. Segeralah ke dokter bila gusi berdarah saat menyikat gigi. Gusi anda bermasalah.
04. Saran mengunjungi dokter gigi dua kali setahun hanya berlaku bila mulut dan gigi sehat. Padahal tidak banyak orang yang punya gusi sehat.
05. Masalah gusi biasanya hanya terjadi pada gigi belakang. Gigi depan baik-baik saja.
06. Untuk menjaga kesehatan gigi dianjurkan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (flossing) dan sikat gigi 10 menit per hari. Sementara orang dewasa rata-rata hanya 2-3 menit per hari untuk menyikat gigi, dan anak-anak lebih pendek lagi.
07. Sikat gigi tidak mampu menggapai bagian paling dalam gusi dimana plak yang menimbulkan bersarang. Lakukan flossing setiap hari dan bersihkan karang gigi ke dokter tiap beberapa bulan. Bila bau mulut tetap muncul, periksa pola makan dan kondisi kesehatan anda.
08. Cairan penyegar mulut yang mengandung alkohol membuat mulut kering. Selama 30 menit pertama mulut terasa segar dan wangi, tapi sesudahnya bau mulut menguar lebih parah dibanding sebelumnya.
09. Cara paling cepat mendeteksi gigi berlubang adalah timbulnya bau tak sedap. Segeralah periksakan mulut ke dokter gigi.
10. Pasta gigi hanya dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi. Dan tidak mungkin memutihkan seperti halnya pemutih gigi.

0 komentar: