Sabtu, 21 Mei 2011

The Journeys

    The Journeys adalah buku yang berisi kumpulan 12 cerita para penulis travelling alias jalan-jalan yang cukup dikenal di Indonesia. Mereka yang menyumbangkan ceritanya antara lain Trinity, Windy Ariestanty, Raditya Dhika, Adhitya Mulya, Okke "Sepatumerah", Ve Handojo, Gama Harjanto, dan lain-lain. Sampul depan buku ini menarik karena menampilkan 6 koper yang ditumpuk disertai topi jerami, ransel dan tas travel di samping dan atas koper-koper. Penataan dan gambar sampul berupa koper dan barang-barang khas pelancong membuat buku ini terkesan akrab dan mengundang. Ketika menjumpai buku ini di Gramedia saya seolah merasa The Journeys melambai dan menggoda saya, "beli akuuuuuu...." (lebay.com).

    Sesuai dengan judulnya yang berarti perjalanan, di buku ini kita bisa membaca berbagai pengalaman penulis ketika sidang melancong ke suatu situs wisata. Ada cerita latar belakang bagaimana si musafir bisa sampai ke situs itu, cerita pengalaman dan kesan penulis ketika berada di suatu situs, atau cerita penulis tentang sesama pelancong. Sebagian besar ditulis dalam gaya bahasa ringan dan penuh humor.
    Melalui berbagai tulisan lucu tapi apa adanya kita diajak mengenali berbagai kebudayaan, keindahan suatu tempat dan menghargai perbedaan. Kita jadi tahu bahwa penduduk Israel yang digambarkan bagai setan oleh televisi dan khutbah ternyata sangat ramah, disiplin dan sekuler. Bahwa kita harus mampu beradaptasi bila bepergian bersama orang lain, termasuk menyesuaikan dan menoleransi segala keteledoran dan jam karet khas Indonesia. Bahwa orang tua selalu mengkhawatirkan anaknya dimanapun ia berada, bahwa berwisata ke Singapura lebih murah daripada ke Lombok (tidak termasuk sogokan buat petugas imigrasi, bea dan cukai), dan bahwa Indonesia menyimpan berjuta pesona yang seharusnya bisa kita nikmati, syukuri dan manfaatkan.
    Rekomendasi saya untuk buku ini : belilah sebelum dilarang , karena tulisan yang menyegarkan sungguh dibutuhkan di negeri yang salah urus ini. Saya membelinya di Gramedia seharga IDR 40000 (maaf kalau salah). Buku ini terletak di bagian nonfiksi atau best seller. Kalau sulit ditemukan, lihat saja di komputer. Good Luck

0 komentar: