Minggu, 02 Oktober 2011

Detektif Ekonomi by Tim Harford

     Saya tertarik dengan Detektif Ekonomi karena tagnya begitu provokatif. Detektif Ekonomi: Kisah Tersembunyi di Balik Harga Produk, Pasar Saham, Perdagangan Bebas dan Ekonomi Sehari-hari. Covernya sederhana berwarna coklat yang dihiasi gambar secangkir kopi bertuliskan "This Coffee is Expensive". Menilik daftar isinya saya semakin tergugah. Bab-bab dalam buku ini seperti "Bagaimana China Menjadi Kaya; Bir, Keripik dan Globalisasi; Lalu Lintas Kota yang Padat dan lain-lain memberikan penjelasan sederhana yang mudah dipahami dan dilengkapi fakta yang valid tentang berbagai kejadian di sekitar kita beserta dampak-dampak yang ditimbulkannya.
     Buku yang aslinya berjudul The Undercover Economist ini menjelaskan beberapa peristiwa ekonomi yang terjadi di sekitar kita. Bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi, apa yang menyebabkannya, dan apa dampaknya terhadap lingkungan dan sistem. Bagi orang awam yang mencoba memahami ilmu ekonomi dan aplikasinya terhadap kehidupan sehari-hari buku ini layak dibaca. Bagi ekonom handal atau mahasiswa jurusan ekonomi, buku ini menyediakan informasi menarik tentang pengaruh kebijakan pemerintah terhadap kemajuan ekonomi. Bagi para pendukung proteksionisme dan penentang globalisasi, buku ini memberikan perspektif baru mengenai keunggulan globalisasi dan dampak negatif proteksionisme.
     Pada bab " Mengapa Negara Miskin itu Miskin dan Bagaimana China Menjadi Kaya" dijelaskan bagaimana kebijakan pemerintah mempengaruhi tingkat kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Kamerun yang korup dari presiden hingga pencuri amatir tidak bisa berkembang terlalu jauh karena apapun yang dihasilkan langsung diserap lintah birokrat. Kamerun juga berkepentingan agar tidak ada orang luar yang bersedia masuk ke negara tersebut agar kekuasaan tetap terjaga dan lembaga donor tidak bisa mengetahui apa yang terjadi dengan dana bantuan mereka.
     China sebaliknya. Melalu dua pemimpin revolusioner mereka berhasil maju secara ekonomi. Mao Zedong yang mendambakan revolusi justru membuat puluhan juta warga China tewas kelaparan. Deng Xiaoping yang melihat betapa hancurnya kehidupan rakyat China pasca Mao berkuasa tergerak meluncurkan berbagai paket insentif, terutama kepada petani untuk meningkatakan produktivitas. Hasilnya luar biasa. Perekonomian China maju pesat. Investor-investor berdatangan seiring dengan perbaikan infrastruktur.
     Cerita pada bab lain tidak kalah menarik. Seperti pergerakan pasar saham dan investasi pada "Ketidakwarasan yang Rasional", keuntungan dan kerugian proteksionisme dan globalisasi pada "Bir, Keripik dan Globalisasi", mekanisme penjualan berbasis target dan identifikasi emosi konsumen di "Supermarket Ingin Agar Yang Berikut TIdak Anda Ketahui", pengaruh pasar dan persaingan harga pada "Pasar yang Sempurna dab Dunia Kejujuran", dan cerita-cerita menarik lainnya.
     Manfaat langsung yang terasa setelah membaca buku ini adalah terbukanya perspektif saya mengenai kaitan antara berbgai peristiwa yang terjadi di dunia ini. Saya jadi sadar bahwa produk-produk "fair trade" yang mahal-mahal itu sebenarnya sangat sedikit sekali menguntungkan petani. Akan lebih baik bila saya membeli produk langsung dari petani. Saya mengerti kenapa bekerja sebagai buruh kasar dengan upah rendah masih lebih baik daripada tidak bekerja sama sekali. Saya sekarang tahu bahwa perkembangan teknologi bisa memacu pertumbuhan ekonomi. Suatu penemuan yang bermanfaat bagi orang banyak mmicu tumbuhnya industri dan menggerakkan perekonomian.
     Detektif Ekonomi adalah buku tentang Dunia Ekonomi yang disajikan sederhana dan cerdas, seperti halnya Super Crunchersnya Ian Ayres atau Freakonomicsnya Steven D.Levitt. Buku-buku itu layak dibaca karena mencerahkan perspektif dan memperluas wawasan.

0 komentar: