Senin, 09 Juli 2012

D'one Trade Pro

Ini adalah aplikasi paling user friendly den lengkap yang saya coba. Menu utamanya ada 7. Bahasa yang digunakan Ingris. Halaman utamanya mencakup Watch List, Running Trade, 11 shortcut dan 5 parameter. Parameter yang ditampilkan mencakup Composite Index (IHSG), Indonesia Stock Exchange yang berisi tanggal dan waktu bursa buka, Value yang berupa nilai rupiah transaksi yang berlangsung. Volume yang menghitung jumlah lembar saham yang diperdagangkan hari itu, dan Frequency yang menghitung jumlah transaksi yang terjadi (match) saat itu. 
Kelemahan Trade Pro paling terasa ketika analisis teknikal diaktifkan, memori yang dimakan Trade Pro langsung melonjak. Ketika saya mencoba menginstal di notebook dengan RAM 1 Gb dan profesor Atom, notebook tersebut langsung hang.
Tetapi menurut saya memori yang dimakan sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Keunggulan Trade Pro antara lain :
1.    Watch List
Cara menambahkannya cukup klik Watch List à Create New Watch List à tentukan namanya à OK à tambahkan kode saham yang diinginkan. Kita bisa membuat sampai 14 Watch List. Watch List memudahkan kita memantau saham-saham pilihan.
2.    Chart (Analisis Teknikal)
Ada hampir 50-an indikator (saya sendiri tidak sanggup menghitung saking banyaknya). Di Trade Pro, saya hanya memakai 7 indikator karena saya hanya trading di 50 saham dan sejauh ini 7 indikator tersebut cocok.
3.    Tampilannya bisa di-costumize
Ada tiga tampilan yang ditawarkan, yaitu putih, biru, dan hitam.
4.    Bisa beli Saham, Reksadana dan Obligasi
Sejauh ini saya baru menemukan hanya Trade Pro yang bisa jual-beli 3 efek sekaligus. Tentu saja kalau saya beli obligasi dana saya langsung amblas. Reksadana paling berguna ketika market sedang turun. Saya bisa parkir dana sementara di Reksadana
5.    Tarik dananya mudah
Saya cukup klik 4 kali untuk menarik dana saya. Misalnya saya ingin menarik semua dana saya, cukup disisakan Rp. 2,- di rekening Trade Pro tersebut.
6.    Market Depth by Price dan Market Depth by Order
Sebenarnya hampir semua software online trading menyediakan Market Depth by Price dan Market Depth by Order. Tapi tampilan di Trade Pro paling bagus. Dua indikator ini paling berguna untuk melihat antrian saham kita. Market Depth by Price bahkan berguna untuk mengetahui apakah suatu saham sedang digoreng atau tidak dengan melihat perbandingan jumlah bid offer-nya.
     Keunggulan fasilitas yang ditawarkan dibanding software online trading lain sejauh ini ada 6. Memang ada analisis teknikal yang jumlahnya melimpah. Tapi karena saya hanya trading di saham-saham yang likuid (Transaksi harian di atas Rp 1 Milyar) kebanyakan tidak terpakai. Beda kalau saya berprofesi sebagai manajer investasi, saya harus mempelajari semuanya. 
        Seharusnya saya mencoba software ini paling akhir, karena sesudah memegang software ini saya tidak berminat untuk mencoba-coba software online trading lain yang penampilannya tidak se-user friendly TradePro

0 komentar: