Kamis, 11 April 2013

TV Series : Castle


      Seperti lazimnya serial tv favorit TVLine, Castle bercerita tentang petualangan Rick Castle (Nathan Fillion),seorang pengarang novel detektif, dan Detective Kate Beckett (Stana Katic) dari New York Police Department memecahkan berbagai kasus, biasanya pembunuhan, yang terjadi di New York.

      Ciri khas yang menjadi pola Castle adalah : tersangka atau pelaku kejahatan biasanya orang pertama atau kedua yang diwawancarai sebagai saksi. Beberapa episode menampilkan anomali berupa tokoh yang sama sekali tidak disangka.
      Benang merah antar season : pembunuhan atas ibu Kate Beckett yang diduga terkait dengan tokoh politik penting dan berpengaruh. Di 2 season awal, hal ini sering disebut. Tapi masuk season 4 dan sekarang 5, hal ini mulai jarang disebut. Mungkin pengarang naskahnya sedang bingung merangkai cerita baru untuk masalah ini. Bumbu penyedapnya : asmara yang sangat-sangat tersirat antar tokoh-tokohnya :)
      Antar episode dalam satu season umumnya tidak berhubungan. Kita bebas menonton episode berapapun tanpa perlu khawatir ketinggalan cerita. Yang berhubungan ceritanya justru episode terakhir suatu season dengan episode pertama season selanjutnya. Salah satu trik pemasaran agar pemirsa tetap penasaran dan setia menonton.  
      Kekuatan utama Castle: jalan cerita yang ringan, metode investigasi dan deduksi yang sederhana, permasalahan antar tokohnya lebih dekat dengan keseharian, pengucapan dialog yang sangat jelas (ga perlu subtitle) dan street fashion detective Kate Beckett yang mudah ditiru :) . Ketika Castle dan Beckett berdialog dan mendeduksi suatu kasus, saya seperti sedang membaca Conan Edogawa dan Heiji Hattori berdiskusi.
     Recommended, terutama kalau pengen liat film tentang detektif yang lebih ringan dan nyata. Nyaris tidak ada parade teknologi canggih seperti CSI atau kemampuan deduksi yang beribet ala Criminal  Minds. Menonton Castle bisa dilakukan sambil ngemil dan ngobrol bersama keluarga tanpa takut ketinggalan cerita.


0 komentar: