Selasa, 09 Juli 2013

The Secret Garden by Frances Hodgson Burnett


image courtesy of gutenberg.org
Secret Garden atau Taman Rahasia adalah salah satu novel anak-anak yang menceritakan bagaimana teman dan persahabatan yang tepat bisa mengubah kepribadian. Versi klasik dan adaptasi dari Secret Gardem sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Secret Garden yang saya baca adalah versi asli yang  didapat dari situs Gutenberg.org.
Cerita dibuka dengan bencana yang menimpa Mary Lennox, tokoh utama cerita ini. Orang tuanya meninggal terjangkit wabah penyakit dan ia harus pindah dari India ke Ingris, tempat pamannya tinggal. Di rumah pamannya itulah Mary mendapat pengalaman dan teman-teman baru, serta menemukan taman rahasia. Ia berubah dari anak yang cemberut menjadi gadis kecil yang periang dan rajin.
Taman rahasia adalah taman yang ditelantarkan setelah bibi Mary yang merawat taman tersebut meninggal tertimpa cabang pohon. Mary menemukannya dengan bantuan burung robin. Taman rahasia memberi Mary arti untuk hidup dan berbagi. Ia tempat Mary, Colin (sepupu Mary) dan Dickon (teman Mary) menemukan arti dari persahabatan, kesabaran, kerja keras dan kasih sayang.
 Bahasa penuturan yang dipakai Secret Garden sangat mudah dimengerti bahkan oleh orang yang baru belajar bahasa inggris. Kita tidak akan dipusingkan oleh kata-kata yang jarang ditemui, rima yang puitis atau perumpamaan yang terlalu absurd.
Akhir cerita Taman Rahasia agak menggantung. Tidak dijelaskan dengan eksplisit perkembangan nasih Mary, Dickon, Colins dan Taman Rahasia itu sendiri. Bagi yang senang membuat doujinshi alias cerita ekstra karangan sendiri, bisa saja membuat cerita tambahan dari tokoh-tokoh yang ada di Taman Rahasia. Daripada penasaran dengan akhirnya, bagaimana kalau bikin sendiri ceritanya? ;)
Sebagai bacaan anak-anak, Secret Garden sejajar dengan Little Women, seri Lima Sekawan atau seri Rumah Kecil yang mendidik anak-anak dengan kasih sayang, kesabaran dan kerja keras sebagai penyeimbang dunia mimpi Disney.

0 komentar: