Langsung ke konten utama

Government Shutdown di Amerika

Sudah seminggu lebih kita diributkan dengan berita goverment Shutdown di Amerika Serikat sana, sampai-sampai Obama membatalkan kunjungannya ke APEC dan Asia Tenggara. Tapi apa sebenarnya goverment shutdown?

Goverment shutdown berarti kegiatan pemerinta Amerika Serikat berhenti total. Layanan masyarakat, Polisi, Tentara, FBI, CIA, DEA, dll libur sementara. Kenapa? Karena APBN Amerika Serikat tidak disetujui Parlemen di sana. Kenapa Parlemen menolak menyetujui? Karena mereka berada di partai lawan presiden, Republikan, yang menolak penyediaan asuransi untuk kaum tak mampu (biasa disebut ObamaCare) DAN menolak kenaikan pajak DAN menolak menaikkan batas hutang pemerintah Amerika Serikat. Jangan kaget, Republikan di Amerika Serikat memang berpola pikir sama dengan kelompok Islam garis keras (FPI, HTI, FUI) dan organisasi kemahasiswaan ekstrem kanan (KAMMI) di Indonesia.
Di Indonesia, kalau APBN tidak disetujui oleh Parlemen (dalam hal ini DPR) maka pemerintah akan memakai APBN tahun sebelumnya. Amerika Serikat tidak punya keistimewaan seperti itu. Makanya pemerintah betul-betul mandeg saat APBN tidak disetujui. Di Bumi ini, yang bisa mengalami shutdown hanya pemerintah Amerika Serikat saja.
Apa pengaruhnya bagi negara lain? Belanja pemerintah Amerika Serikat jadi berkurang atau bahkan hilang. Padahal banyak negara atau perusahaan yang bergantung pada mereka, seperti perusahaan penyedia jasa keamanan dan persenjataan atau negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Pemerintah Meksiko masih bergantung pada Amerika Serikat untuk memberantas mafia narkoba dan perdagangan manusia. Pendapatan perusahaan senjata Lockheed Martin sangat bergantung pada pemerintah Amerika Serikat karena merekalah konsumen utamanya.
Pengaruh kedua yang lebih mengerikan adalah pemerintah Amerika Serikat terancam gagal membayar hutang pokok obligasinya yang jatuh tempo 17 Oktober 2013 alias default. Departemen Keuangan Federalnya saja tutup, bagaimana mau mentransfer dana milyaran dolar? Saat tulisan ini dibuat, sudah ada beberapa bank raksasa yang menjual obligasi “celaka” tersebut. Di dunia finansial, pemerintahan dengan obligasi berperingkat AAA sampai gagal bayar itu sampai gagal bayar sungguh memalukan dan menurunkan kepercayaan publik. Bisa-bisa obligasi Amerika Serikat tidak ada yang mau membeli lagi.
Surat utang Amerika Serikat paling banyak dipegang oleh China dan Jepang. Kalau pemerintahan tetap tutup sampai 17 Oktober, bisa-bisa duit senilai hampir US$ 3 Triliun milik kedua negara tersebut lenyap. Jika China dan Jepang kehilangan uang sebesar itu, bisa diperkirakan mereka akan mengurangi investasi ke negara lain, termasuk Indonesia. Hal inilah yang paling ditakutkan pelaku pasar dan pemerintahan Indonesia.
Pengaruh goverment shutdown bagi bursa saham sebetulnya sangat kecil. Hanya emiten-emiten yang belanjanya tergantung pada pemerintah Amerika Serikat yang merana. Fluktuasi Dow dan Nasdaq nyaris tidak dipengaruhi goverment shutdown .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

The Last Ship

Sebuah virus yang lebih mematikan dari Ebola dan lebih menular dari SARS menyerang penduduk bumi. Belum ada vaksinnya. Penduduk dunia yang tewas karena virus bertambah dengan cepat dari hari ke hari. Harapan terakhir ada di pundak virolog Dr. Rachel Scott dan awak kapal USS Nathan James. Mereka berjuang mencari vaksin virus tersebut agar dapat segera diberikan kepada orang-orang yang terinfeksi. The Last Ship adalah tontonan yang tepat bagi wanita pencandu ketegangan tapi tidak ingin kehilangan hiburan wajah-wajah tampan. Marinir-marini kapal USS Nathan James adalah gambaran ideal pasukan angkatan laut. Taktis, kuat, gesit, lincah, serba bisa, dan lumayan punya rasa humor. Bagi para wanita, inilah salah satu serial yang memanjakan mata.