Sabtu, 03 Mei 2014

101 Creative Notes By Yoris Sebastian & Samsung


Setelah sukses dengan Creative Junkies, Yoris menerbitkan sebuah buku self-improvement lagi bertajuk 101 Creative Notes. Dengan tema utama “kreativitas bisa dilatih, bukan faktor bawaan, Yoris membagikan 101 catatan pendek untuk meningkatkan dan mengasah kreativitas bagi orang-orang biasa seperti saya dan mungkin juga anda.
101 kumpulan notes atau pesan pendek ini didapat Yoris dari pengalamannya sehari-hari atau saat ia dalam perjalanan. Kalau Creative Junkies fokus bercerita pada apa (kreativitas itu) dan mengapa (kreativitas terbentuk) maka 101 Creative Notes berpusat pada ide bagaimana membentuk kreativitas dan bagaimana mengasahnya agar makin tajam.

Separuh bagian awal Creative Notes berisi tips-tips yang mungkin kita seua sudah tahu karena sering dibahas di berbagai media, seperti ikuti akun twitter tertentu, ikut seminar dan short course atau menonton TED. Sedangkan separuh bagian akhir menawarkan renungan dan saran yang jarang didapat di media cetak atau televisi (walau kadang muncul di lifehack.org atau lifehacker.com).
Buku ini cukup tipis, hanya 207 halaman saja. Bisa selesai dibaca dalam waktu kurang dari satu jam karena tulisannya padar berisi, bukan esai panjang mendetail. Cara paling sesuai menikmati 101 Creative Junkies adalah dengan membacanya satu per satu lalu dipraktekkan berulang kali, dicari notes mana yang paling sesuai dengan diri kita, sebab Creative Notes adalah catatan yang enak untuk dipraktekkan dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.
Karena kumpulan catatan ini dibuat dengan Samsung Galaxy Note 10.1 dan nama Samsung berulang kali disebut, tak ada salahnya kalau buku ini layak diterbitkan ulang oleh Samsung kelak dengan judul 101 Creative Notes with Galay Note.
101 Creative Notes cukup direkomendasikan untuk dimiliki karena tips-tips di dalamnya sangat applicable dalam kehidupan sehari-hari. Saya sendiri tidak merekomendasikannya karena tips-tips tersebut bisa ditemukan dalam Lifehacker atau 99U. Cukup pinjam di perpustakaan dan dibaca ulang kapanpun diperlukan. Bisa dibeli di Gramedia seharga 70ribu saja.


0 komentar: