Selasa, 17 Juni 2014

The Power of Habit

Kita semua tentu pernah mendengar kalimat ini “pikiran membentuk tindakan, tindakan menjadi kebiasaan,kebiasaan membentuk perilaku dan perilaku membentuk takdir”. Untaian kata mutiara ini sering kali disebarkan melalui media sosial dan obrolan biasa. Tapi pernahkah kita memikirkan atau menelaah sains di balik untaian kalimat tersebut? Charles Duhigg menjelaskan dahsyatnya kebiasaan dalam karya terbarunya The Power of Habit.
Mengapa kita melakukan sejumlah kebiasaan? Kenapa kita seolah terprogram melakukan beberapa hal berulang kali setiap hari? Misalnya bangun jam 4.00, makan pukul 6.00, bekerja dari jam 7 pagi hingga 5 sore atau berangkat tidur puku 9 malam? Semua itu ada penyebabnya. Ada bagian di otak kita yang mengatur terbentuknya kebiasaan dan memastikan kita terus mengulangi kebiasaan di saat-saat tertentu.

Apakah karena kebiasaan sudah tertanam di otak kita lantas tidak bisa mengubahnya? Bisa. Kita bisa membuat dan membentuk kebiasaan baru dengan lingkaran penanda – rutinitas – ganjaran – tinanda (mengidam). Asal kita bisa menetapkan tujuan yang pasti dan ganjaran yang memuaskan , kita bisa membuat kebiasaan baru yang menguntungkan.
Hanya berhenti di sana sajakah? Tidak. Duhigg juga menceritakan sejumlah kisah sukses dan kisah mengerikan yang berhubungan dengan kebiasaan. Seperti bagaimana Starbucks merevolusi kebiasaan buruk karyawan-karyawannya plus mengubah mereka menjadi manajer-manajer handal. Atau bagaimana seorang ibu rumah tangga terjebak dalam kebiasaan berjudi tanpa akhir.
Di bagian akhir The Power of Habit, Duhigg menyisipkan langkah-langkah kecil bagi kita untuk membentuk kebiasaan baru. Ada 4 langkah kecil dan metodis yang bisa diterapkan oleh siapapun, bahkan orang dengan kemauan sangat lemah pun mampu mempraktekkan keempat langkah tersebut.
Versi terjemahan The Power of Habit sama bagusnya dengan versi aslinya, tidak ada hal-hal yang dikurangi atau dilebihkan. Buku ini tidak hanya berguna bagi psikolog saja. Pencandu cerita-cerita bisnis sukses bisa mereguk berbagai kisah gagal dan sukses. Bahkan pembaca awam bisa mendapat secuil hikmah dari kisah-kisah di dalamnya.

Dengan harga hanya 63ribu, The Power of Habit sangat layak dikoleksi dan dibaca berulang kali. Nilai 4.5 dari 5. May good habits bring us wonderful destiny

0 komentar: