Minggu, 01 Februari 2015

As Seen On TV By Christian Simamora

Perpustakaan daerah Kota Magelang baru saja mengeluarkan sejumlah koleksi fiksinya untuk dipinjam. Salah satunya As Seen On TV yang ditulis oleh Christian Simamora, pengarang dengan akun twitter @09061983.
Dilihat dari judul dan covernya, orang mungkin akan salah mengira kalau novel ini berkisah tentang di balik layar reality show. Namun sesungguhnya premis utama novel ini adalah sahabat menjadi pasangan kekasih. Tema yang begidtu digemari pengarang novel lokal (Remember When dari Winna Effendi juga punya premis yang sama) dan sudah dituliskan menjadi berbagai variasi kisah.

Cerita bermula dari acara sinetron televisi yang diangkat dari kisah nyata, cerita bagaimana dua orang yang bersahabat lama akhirnya menjadi sepasang kekasih setelah masing-masing melalui perjalanan drama kehidupan yang panjang. Javier, protagonis pria dalam kehidupan nyata, mengisahkan lika-liku cerita cintanya dengan Kendra, calon istri sekaligus sahabat sejak kecilnya kepada majalah @nationalriches (semacam Dewi atau Tatler).
Premis ini sudah berkali-kali digunakan Simamora dalam sejumlah novel serial #jboyfriend nya. Jadi kita tidak akan kesulitan menebak alur cerita dan akhir kisah ini. Saya sendiri langsung merasakan kemiripannya dengan alur Pillow Talk, novel pertama serial #jboyffriend.
Bagi teman-teman yang punya bisnis rental buku, kafe buku atau bookstore, buku ini adalah koleksi yang wajib ada. Ceritanya sangat ringan, bisa diselesaikan dengan ceppat, pengembangan karakternya mudah ditebak, dan premisnya bisa dimengerti semua orang. Frekuensi peminjaman bisa dimaksimalkan hingga 3 kali seminggu. Dengan menerapkan tarif sewa 1/12 harga buku dengan masa sewa 2 hari, rental dan kafe buku sudah bisa balik modal dalam sebulan.
Bagi saya, buku ini cukup dinilai 1.5 dari 5 bintang. Not too bad, tapi rasanya terlalu ringan dan tidak berkesan. Buku setebal 300an halaman ini bisa didapat dengan harga 80ribu.


0 komentar: