Selasa, 19 Mei 2015

Mindless Eating by Brian Wansink, Ph.D

Badan terlalu kurus, ingin digemukkan? Bisa. Terlalu gemuk, ingin dikuruskan? Juga bisa. Sudah ribuan buku tentang diet yang ditulis. Kebanyakan menawarkan metode yang diklaim baru dan revolusioner. Namun sedikit yang menulis pengaruh kebiasaan dan pola makan terhadap berat badan. The Power of Habit (Charles Duhigg) dan Mindless Eating melihat diet dari sudut pandang psikologi manusia. Jika Duhigg melihat diet sebagai akibat kebiasaan makan yang salah, maka Wansink melihat diet sebagai suatu kebiasaan yang dapat dibentuk dan dimanipulasi. Jika Duhigg bercerita dengan gaya jurnalistik, Wansink berkisah dengan gaya semi akademis.
Dalam Mindless Eating, Wansink menceritakan sejumlah pengalaman, dialog dan riset yang dilakukannya terkait kebiasaan makan manusia. Pertama ia akan menjelaskan satu atau dua dugaan atau hipotesis, lalu ia melakukan sejumlah riset dengan responden dan kondisi yang berbeda untuk membuktikan hipotesis tersebut. Misalnya: ia menduga bahwa ukuran piring mempengaruhi jumlah makanan yang disantap. Ia bersama sejumlah mahasiswa melakukan percobaan dengan responden pengunjung restoran. Cara pengukurannya pun sederhana. Peneliti cukup menghitung volume sup atau berat ayam goreng yang tersisa pada akhir sesi.

Jika Duhigg hanya memaparkan pentingnya perubahan kebiasaan makan saat diet, maka Wansink menjelaskan secara terperinci metode-metode perubahan kebiasaan pola makan tersebut. Misalnya: memperkecil ukuran piring, membiarkan tulang daging menumpuk di depan kita pasca makan, merencanakan menu yang dimasak selama seminggu, memakai metode trade-off (hanya akan makan eskrim pasca jogging 4 km), memasang hambatan kecil (seperti tidak menyediakan keripik atau soda di rumah), makan sendirian saja saat ke restoran, memasang musik berisik semacam dance atau rock saat makan, dan metode lain-lain yang sudah teruji.
Bagi akademisi atau ahli gizi, Mindless Eating adalah sumber berharga tentang perilaku makan manusia dan acuan metode yang sesuai untuk memodifikasi kebiasaan tersebut. Bagi masyarakat awam, buku ini adalah sumber terpercaya tentang bagaimana melakukan diet yang berhasil dan tidak menyakitkan.

Buku setebal 276 halaman ini bisa didapat di Google Play seharga IDR 123ribu. Sangat direkomendasikan bagi kita yang ingin membentuk pola makan sehat. 4 out of 5 stars for Mindless Eating.

0 komentar: