Minggu, 01 November 2015

NYPD RED 3 by James Patterson

Sesudah menghabiskan IDR 200ribu lebih untuk membeli NYPD RED dan NYPD RED 2, saya menjadi semakin ketagihan serial televisi ini. Maka ketika NYPD RED 3 muncul di rekomendasi Google Play Book, saya tidak ragu merelakan IDR 110 ribu pulsa untuk membeli buku setebal 200 halaman ini.
Dari segi kompleksitas cerita, NYPD RED 3 lebih rumit dan sulit ditebak dibanding kedua pendahulunya. Masalah pernikahan, kepercayaan antar pasangan, masalah keluarga, hubungan ayah-anak yang tidak harmonis, keserakahan ala Wall Street, tipu daya, pengkhianatan, semua ada di NYPD RED 3. Harga dari kompleksitas cerita yang tinggi adalah kecepatan atau ritme cerita yang menurun, untuk memberi ruang bagi dialog panjang dan percakapan investigatif.

Tripp Alden, cucu seorang milyuner terkaya warga New York, Hutch Alden, diculik. Potongan tubuh tanpa kepala Peter Chevalier, sopir Tripp, ditemukan di tepi danau. Tugas duo NYPD RED, Kylie MacDonald dan Zachary Jordan, lah untuk menemukannya secepatnya dalam keadaan hidup. Penyelidikan mereka dihalangi oleh Silas Blackstone, detektif swasta yang disewa Hunter Alden, ayah Tripp, untuk alasan yang berbeda. Semakin lama cerita berjalan, semakin rumit jalinan plot ceritanya. Ternyata Tripp tidak diculik. Ternyata sejumlah orang lain terlibat. Ternyata ada hal lebih besar yang terungkap di balik “penculikan” Tripp.
NYPD RED 3 mengungkap salah satu praktek yang dikecam tapi lazim dilakukan investor super kaya, yaitu insider trading. Dengan menggunakan informasi bencana alam gempa bumi dan terorisme yang akan terjadi, Hunter Alden meraih milyaran dolar di pasar opsi dan futures. Hal ini sangat tidak masuk akal mengingat gempa bumi belum bisa terdeteksi hingga saat ini.

NYPD RED 3 adalah salah satu novel populer yang memberikan informasi cukup mudah dipahami mengenai bagaimana dunia keuangan, khususnya pasar futures, beroperasi. Dialog-dialognya biasa saja, pendek-pendek, dibuat dalam bentuk percakapan antara 2 sampai 5 orang, tapi membuat pembaca mudah mengerti maksud yang disampaikan. Satu hal yang membedakan NYPD RED 3 dari NYPD RED  dan NYPD RED 2 adalah: tokoh antagonisnya berakhir tragis dan tidak mengakui semua kejahatannya. 

0 komentar: