Kamis, 14 Januari 2016

Modern Romance by Aziz Ansari & Eric Klinenberg

What is the best comedy/humor book throughout 2015? With the rise of Twitter and satire-comedy writings, its hard to point one book that actually worth to laugh while read at the same time, until I find Modern Romance. Theoretically, this book falls into social research book. But Aziz Ansari is so renowned comedian, especially after Netflix stream his serials, Masters of None. Ansari become synonimous with heartfelt laughter. After reading its sample on Google Play Book, and laughing frantically, I decided to buy this book.

 Modern Romance adalah buku yang bisa membuat pembacanya terpingkal-pingkal sampai sakit perut, dan pada saat yang bersamaan mengangguk-angguk setuju. Berpasangan dengan prominent sociologist, Eric Klinenberg, Ansari melakukan penelitian tentang kehidupan percintaan manusia di era modern dan lintas generasi. Mereka berdua meneliti interaksi pemuda-pemudi kelompok usia 18-35 tahun (Gen Y/Milennials) di era digital, membandingkan interaksi tersebut dengan generasi-generasi sebelumnya: Baby Boomers dan Gen X.
Ada sejumlah isu yang dibahas dalam Modern Romance, mulai dari pencarian belahan jiwa (soul mate), proses pendekatan, online dating, makna cinta, perselingkuhan, hingga pernikahan. Kesemuanya disajikan dalam bahasa yang kocak dengan taburan lelucon dan gambar hasil photoshop yang menggelikan pembacanya. Lokasi riset dan wawancara yang bervariasi, seperti Tokyo, Buenos Aires, Paris, New York, dan Los Angeles memberi pembaca Modern Romance kacamata budaya yang berbeda-beda dalam memahami kehidupan percintaan di berbagai budaya.
Sejumlah hal bisa dikaitkan dengan kehidupan pembaca. Misalnya dalam bab Initial Ask alias pendekatan, sejumlah proses pengenalan pasangan pernah saya jalani, walau belum ada yang sesuai. Atau saat mencoba berkenalan dengan sejumlah pria lewat sms atau aplikasi perpesanan. Pembaca yang sudah pernah mengalami hal-hal di atas pasti akan tertawa-tawa membaca pengalaman pribadi Ansari. Kemampuan Klinenberg dan Ansari menulis cerita dan alinea-alinea yang membuat pembacanya merasa terkoneksi lah yang membuat Modern Romance sangat baik dinikmati pembaca, dan terpilih oleh Goodreads menjadi buku nonfiksi terbaik 2015.

Walaupun agak mahal (hampir 180ribu di Google Play Book), buku ini tetap layak dikoleksi. Saran saya, belilah versi cetaknya. Walau gambar-gambarnya tidak akan sebagus versi digital, tapi versi cetak Modern Romance yang dijual Periplus lebih ramah di mata. Kita tidak akan kesakitan saat buku cetak jatuh menimpa kaki saat kita tertawa terpingkal-pingkal.

0 komentar: