Langsung ke konten utama

Magazine's Ad

    Saya sering membaca majalah-majalah terbitan mancanegara. Entah di internet atau di toko buku. Majalah yang paling sering saya baca biasanya bertema fashion atau majalah khusus wanita. Kedua jenis majalah ini punya persamaan mencolok, yaitu halaman-halamannya dipenuhi iklan barang-barang konsumsi.
    Produk-produk yang ditawarkan dalam lembar-lembar iklan tersebut bervariasi. Yang paling umum adalah kosmetik, perawatan tubuh dan wajah, baju, sepatu, parfum, kacamata, dan produk fashion lainnya. Satu macam iklan dari satu brand bisa dimuat di lebih dari duapuluhan majalah.

    Tampilan iklan-iklan ini pun mirip. Seorang mode berpose dengan mengenakan produk yang diiklankan seolah produk tersebut adalah benda paling sempurna di dunia ini (walapun aneh, tapi untuk pose seperti itulah seorang model dibayar). Beberapa iklan menampilkan model dengan wajah datar atau cemberut, tanpa senyum dan ekspresi bagaikan robot.
    Kelebihan iklan produk konsumsi adalah variasi produk, warna dan pencahayaan. Kalau produknya benar-benar bagus maka pencahayaan dan fokus ditujukan pada produk yang diiklankan. Kelebihan lain adalah gambar iklan punya pengaruh ajaib untuk meningkatkan nafsu belanja seseorang dengan ilusi bahwa ia akan tampak lebih cantik, mempesona,dan bersinar hanya dengan memakai atau mengonsumsi produk tersebut.
    Kelemahan gambar iklan adalah ia tidak menginformasian apa tepatnya kegunaan suatu produk, cara-cara pemakaian agar efeknya maksimal, dan kelemahan produk itu sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

Istilah Kuliah : Share Swap (Tukar Saham)

Beberapa minggu yang lalu bursa saham dihebohkan oleh kegiatan share swap yang dilakukan Telkom (melalui anak perusahaannya, Mitratel) dengan Tower Bersama Infrastructure (TBIG). TLKM akan menukar 49% kepemilikannya di Mitratel dengan kepemilikan 5.9% atas TBIG. Detailnya: TLKM (pasca transaksi) punya 5.9% hak kepemilikan atas TBIG, sedangkan TBIG punya 49% kepemilikan di Mitratel. TLKM menyerahkan kepemilikan atas 49% saham Mitratel dengan kepemilikan atas 5.9% saham TBIG.