Sesuai
dengan judulnya, Business Model Generation (saya singkat BMG) adalah panduan
dan petunjuk bagi siapa saja yang ingin memahami berbagai model bisnis yang
dulu, sekarang dan akan ada di dunia ini. Orang yang paling membutuhkan BMG
adalah mereka yang ingin berbisnis dan bingung model bisnis apa yang sesuai
bagi mereka dan mereka yang ingin memahami diri sendiri dan usaha seperti apa yang
sesuai. BMG juga cocok bagi kaum karyawan atau buruh untuk membantu memusatkan
kelebihan kita dan ranah spesialisasi apa yang sesuai bagi mereka.
Business
Model Generation disusun oleh Alexander Osterwalder, Yves Pigneur, dan 470
praktisi dari 45 negara. Bisa dikatakan buku ini salah satu produk crowdsourcing, dimana seseorang atau
sekelompok orang melontarkan sebuah ide dan merampungkan ide itu bersama
orang-orang yang berminat berkontribusi. Situs resmi BMG adalah
www.businessmodelgeneration.com/hub.
BMG
dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu : Kanvas, Pola, Desain, Strategi dan
Proses. Tiap bagian berfokus pada hal yang berbeda.
Kanvas
berisi sketsa dan penggambaran aspek-aspek model bisnis. Pola berisi penjelasan
model bisnis yang karakternya sama. Desain tentang teknik memecah dan
mengaplikasikan model bisnis yang sudah dibuat ke dalam bagian-bagian kecil. Strategi
berfokus pada adaptasi dan mengatasi masalah usaha kita. Proses menjabarkan
alat bantu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kita. Tiap bagian BMG
menyertakan contoh bisnis dan perusahaan yang berhasil maju dan menjadi perusahaan
terdepan di bidangnya, seperti Apple, Sony, Nestle, dan Google.
Kekuatan
BMG terletak pada kata-kata yang bagai bercerita, mudah dimengerti dan
komunikatif, deretan gambar dan sketsa yang menarik, format penyampaian (teori
dan sederet contoh aplikatif) yang berbeda dengan buku bisnis lainnya, proses crowdsourcing yang mendasari
penyusunannya, dan adanya halaman sketsa tempat kita bisa menyususn model
bisnis kita sendiri.
Setelah
membacanya berulang-ulang dan mencoba menganalisanya dengan berbagai perusahaan
di Indonesia, saya sadar bahwa buku ini wajib dibaca bagi teman-teman pelaku
bisnis,teman-teman yang ingin membuat rencana bisnis, atau berencana membuat
usaha yang bermanfaat, menguntungkan dan berkelanjutan (sustainable).
Ada
2 seri buku ini, yaitu Business Model Generation dan Business Model You. BMG
menekankan pada pembuatan dan aplikasi rencana bisnis. Business Model You
berfokus pada pengenalan diri dan karir apa yang sesuai. Kedua buku ini
harganya cukup mahal, diatas 100ribu. Tapi harga segitu termasuk murah untuk
kualitas cetak prima, gambar menarik dan isi yang bermanfaat.
Happy
reading :)
Komentar