Di semester lalu, ada satu mata
kuliah yang menuntut kami menganalisa lingkungan makroekonomi dari sebuah
perusahaan. Kami ditantang menganalisis target pasar, operasional perusahaan,
dan sejumlah faktor lingkungan yang mempengaruhi berjalannya suatu perusahaan.
Salah satu faktor tersebut adalah demografi.
Komposisi demografi penting
kerena ia terkait dengan target pasar produk suatu perusahaan. Siapakah target
pasarnya? Apa kebutuhan mereka? Apakah
produk perusahaan sanggup memenuhi kebutuhan mereka? Apakah mereka sanggup
membeli produk perusahaan? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
Data demografi Indonesia bisa
didapat dari Biro Pusat Statistik (BPS). Namun data dari BPS hanya berupa
tabulasi silang angka dan tahun, bukan data yang siap pakai atau
dipresentasikan. Nah, buku ini menyajikan data BPS dalam bentuk siap pakai dan
siap dicerna, dalam bahasa keseharian yang lugas dan mudah dimengerti.
Buku ini tidak hanya sesuai
bagi akademisi, tapi juga bagi masyarakat awam. Halaman-halamannya dan
kata-katanya berwarna-warni, dicetak di atas kertas separo buram, enak dibaca
di mata dan enak ditenteng. Ilustrasinya menarik, kocak dan tepat sasaran.
Fakta-fakta yang disajikan bisa dipertanggungjawabkan karena berasal dari BPS
dan sudah di cek silang oleh Lembaga Demografi FEUI.
Buku setebal 176 halaman ini
bisa dibeli di Gramedia seharga IDR 68 ribu. Karena tipis, buku ini cepat
sekali dibaca. Tidak sampai satu jam sudah tamat. Cukup 2 dari 5 bintang.
Komentar