Rabu, 31 Maret 2010

Fresh Graduate


   Pada tanggal 18 Februari 2010 kemarin akhirnya aku resmi lulus dari Fakultas Pertanian UGM dengan predikat S.P (Sarjana Pertanian). Setelah terkatung-katung selama 6 bulan pasca ujian skripsi alias pendadaran, akhirnya bisa juga aku menerima ijazah dan transkrip nilai dengn IPK sedikit di atas 3 :'( . Dan mulailah duniaku sebagai jobseeker atau pencari kerja atau pengangguran dimulai.
   Kegiatanku sehari-hari berkisar antara browsing pekerjaan di internet, mengirim lamaran via e-mail, jalan-jalan ke alun alun dan toko buku, nonton film dan tidur. Betul-betul menikmati hidup. Tapi sedihnya justru karena terlalu bebas dan tidak memiliki tanggung jawab maka serasa tidak dibutuhkan. Betul kata ahli, pekerjaan yang dicintai memiliki efek terapi bagi pelakunya. Aku jadi berfikir, diriku yang baru lulus 1 bulan saja sudah bosan dengan hari tanpa aktivitas, apalagi teman2ku yang sudah lulus bertahun-tahun. Gimana ya rasanya?
  Sebetulnya ada kegiatan untuk mengisi kekosongan hariku, yaitu jalan-jalan ke Jogjakarta membantu temanku mengerjakan skripsi atau mengambil kursus IELTS dan TOFL bahasa inggris. Tapi sepertinya dengan menonton TV hasilnya akan lebih baik daripada mengambil kursus. Kalau mau menguji tingkat penguasaan bahasa Inggris sih cukup pakai program TOEFL. Kelak jika skor sudah mencapai 600 tinggal menyambangi Pusat Pelatihan Bahasa UGM untuk mengikuti sertifikasi TOEFL dan IELTS.
   Untuk mencari informasi tentang lowongan kerja, aku mendaftar di jobstreet.com dan blog-blog penyedia informasi lapangan kerja. Sejujurnya aku sadar kalau persaingan mencari kerja sangat ketat dan resumeku tidak menjual. Tapi aku masih ingin menikmati hidup :p




0 komentar: