Minggu, 22 Maret 2015

Scribd vs SlideShare vs Academia.edu

Manusia dimanapun membutuhkan masukan orang lain untuk belajar. Apalagi di abad 21 ini. Presentasi yang merupakan salah satu cara untuk membujuk orang lain agar setuju dengan pendapat kita pun perlu dipelajari tips dan triknya. Dan tidak semua orang bisa melakukan presentasi dengan menarik atau membuat materi presentasi, entah di Power Point atau di Prezi, dengan baik. 
Untuk itulah dibutuhkan situs berbagi berkas presentasi dan cara mempresentasi seperti TED (Technology, Entertainment, Design) dan SlideShare. Dari situs-situs seperti tiulah kita bisa belajar bagaimana melakukan presentasi dengan baik. Dari situs semcam Academia.edu, Scribd dan Slideshare, kita mendapat pilihan materi presentasi paling sesuai, desain terbaik atau informasi layout seperti apa yang paling efektif menarik perhatian.

Academia.edu terafiliasi dengan Facebook. Pengguna bisa masuk/login dengan akun akun FB, dan mengunggah berkas maupun mengunduh berkas dari situs www.academia.edu. Slideshare terafiliasi dengan LinkedIn. Dengan terdaftar di LinkedIn, kita otomatis mendapat akun di www.slideshare.net . Scribd sepertinya tidak terafiliasi dengan siapa pun. Namun kita bisa mendaftar lewat akun Facebook atau Google kita.
Menurut situs Envano.com, traffic dari dan ke Scribd jauh lebih besar dibanding Slideshare atau situs lain. Scrib 4 246 420 per bulan, Slideshare 2 839 047, dihitung pada akhir November 2012). Hal ini bisa dimengerti karena Scribd juga menjual buku dan dokumen lain, sementara Slideshare hanya menyediakan berkas power point dan pdf.
Bagi kalangan profesional dan pelajar di Indonesia, Slideshare terasa lebih membantu karena menyediakan berbagai jenis presentasi dari bermacam tema, yang sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas atau mengejar deadlinet, dan semuanya tersedia gratis. Sementara di Scribd tidak semua dokumen tersedia bebas. Pengunjung harus mendaftar, dan hanya bisa mengunduh  berkas gratis selama sebulan. Bila ingin mengunduh lebih banyak, pengguna harus mengunggah berkas-berkas lain sebagai gantinya. Academia.edu menyediakan semua berkas dengan gratis, tetapi relevansi dan jumlahnya tidak sebanyak Slideshare dan Scribd.
Dilihat dari aplikasi mobile Android yang disediakan, aplikasi Slideshare lebih unggul dan cepat dibanding Scribd. Ukurannya pun lebih ramping sehingga tidak memakan banyak memori. Keunggulan Scribd adalah: pengguna bisa membaca buku-buku gratisan di MyLibrary. Academia.edu tidak menyediakan aplikasi Android.
Jika anda seorang pelajar atau profesional, menggunakan aplikasi Slideshare lebih menguntungkan karena kehandalannya, keunggulan relevansi materinya dan tambahan reputasi yang didapat di LinkedIn. Sebagian besar buku yang disediakan Scribd bisa dibeli di Kobo, Google Play atau Wattpad.

Dulu sebelum Slideshare dibeli oleh LinkedIn dan belum ada Indosat Carrier Billing, saya lebih suka memasang Scribd di smartphone atau mengaksesnya lewat browser. Sekarang, Slideshare terasa lebih baik dan lebih relevan dengan kebutuhan saya. Anda sendiri, pilih mana? 

0 komentar: