Kamis, 08 Desember 2011

Welcome, 2012

     Bulan Desember 2011 telah tiba. Akhir tahun 2011 telah datang. Saatnya menatap tahun baru 2012. Saatnya menengok pencapaian tahun ini. Apakah yang berhasil diraih? Adakah target atau keinginan yang belum terpenuhi? Apakah keinginan untuk tahun depan? Usaha apakah yang perlu dilakukan untuk meraihnya?

     Seperti tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun adalah saatnya meninjau pencapaian tahun ini. Saatnya melihat lagi daftar keinginan awal tahun. Menemukan hal apa yang berhasil diraih dan apa yang belum tercapai. Apakah usaha yang dilakukan sudah menuai hasilnya? Atau justru usaha yang dilakukan kurang keras sehingga keinginan belum tercapai? Jika demikian, apa sajakah yang harus dilakukan?
     Kemudian, kembali menyusun daftar keinginan (checklist) baru untuk tahun yang baru. Apa sajakah daftar keinginan tahun ini? Perlukah memasukkan checklist dari tahun alalu ke daftar yang akan disusun? Pencapaian apa yang ingin diraih? Usaha-usaha apa yang perlu dilakukan untuk meraihnya? Apakah keinginan yang ditulis datang dari diri sendiri? Atau sekedar paksaan dan harapan dari orang lain?
     Setelah daftar selesai dibuat pastikan menaruhnya di tempat yang mudah dilihat. Sehingga kita selalu teringat akan target dan keinginan kita selama setahun. Tidak apa-apa bila kita belum berhasil meraih sesuatu. Pasti ada hal lain yang lebih sesuai untuk kita. Atau Tuhan punya rencana lain.

1 komentar: