Kamis, 26 April 2012

Jean Chatzky: Bikin Uang, Bukan Utang (Make Money, not Excuses)

    Jean Chatzky adalah salah satu perencana keuangan yang direkomendasikan Oprah Winfrey, Ratu Talk Show Amerika. Dalam blognya, ia menekankan pentingnya mengatur dan membatasi keuangan kepada pembacanya. Tidak heran kalau bukunya diterjemahkan menjadi Bikin Uang Bukan Utang, dari judul asli Make Money, Not Excuses.
   Menilik judulnya buku ini lebih sesuai bagi masyarakat perkotaan atau kelas menengah ke atas. Mereka yang gemar berbelanja dan berhutang dengan kartu kredit sebaiknya membaca buku ini dan menerapkan saran-saran di dalamnya. Bagi mereka yang tidak mengalami masalah dengan hutang dan lebih suka menabung, disarankan membaca tulisan tentang investasi.

    Dalam buku ini Chatzky lebih berfokus pada metode untuk mengurangi hutang. 5 bab pertama berfokus pada persoalan harian yang membelit wanita Amerika. Tidak seperti ibu-ibu Indonesia yang memegang kendali belanja rumah tangga, ibu-ibu di Amreika menyerahkan pengelolaan keuangan mereka kepada suami mereka. Chatzky menyarankan agar mereka mulai belajar cara-cara mengelola keuangan dan waktu.
    Satu bab didedikasikan sebagai motivasi bagi wanita agar mereka mengurangi kebiasaan berbelanja. Belilah hanya barang yang dibutuhkan, buatlah daftar sebelum belanja, patuhilah daftar tersebut, dan gunakan kartu kredit seminimal mungkin.
    Salah satu bab membahas bagaimana mulai menabung bagi wanita dan memotivasi mereka agar menyisihkan sebagian dana untuk menabung. Bisa dimulai dari membawa bekal sendiri, mengurangi belanja di Mall, menyisihkan sepersekian gaji atu menabung di celengan (seperti kakek nenek kita dulu).
    Dua bab selanjutnya membahas tentang cara-cara berinvestasi dan dimana saja kita bisa berinvestasi. Sistem keuangan di Amerika sudah lebih maju dan kompleks, jadi mereka memiliki banyak pilihan dalam berinvestasi. Di Indonesia, investasi bagi pemula lebih dianjurkan dalam bentuk deposito, Reksadana, atau emas batangan. Ketiga instrumen ini lebih aman dan bisa dicairkan kapan saja.
    Bab terakhir memotivasi wanita agar menata kondisi keuangannya. Di bagian akhir buku dicantumkan saran-saran sederhana tentang penghematan, menabung, berinvestasi dan menambah penghasilan. Diharapkan setelah menerapkan langkah-langkah tersebut pembaca bisa mulai mengurangi hutang, menambah tabungan dan meningkatkan investasi. Disertakan pula glosarium yang memuat istilah-istilah keuangan agar pembaca tidak bingung.
    Menurut saya buku ini sangat bagus. Chatzky memotivasi pembacanya untuk menata keuangan mereka, mulai menabung dan berinvestasi, serta mengurangi hutang. Bagi pemula yang ingin memulai merencanakan keuangannya bisa mulai menerapkan langkah-langkah yang disarankan. Bagi seseorang yang sudah terlilit hutang kartu kredit, buku ini mungkin tidak terlalu bermanfaat. Ia lebih membutuhkan bantuan seorang perencana keuangan.
    Dalam buku ini kita juga mendapatkan gambaran tentang cara meraih masa depan yang kita inginkan. Bila ingin hidup sejahtera dengan dana pensium yang cukup di hari tua, mulailah menabung dan berinvestasi sedari sekarang.
    Menabung membuat kita memiliki dana cadangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berinvestasi menjauhkan dana kita dari gerusan inflasi dan menumbuhkan aset kita. Keduanya dibutuhkan untuk menjamin masa depan kita. 

0 komentar: