Senin, 27 Agustus 2012

Daily Workout


Sebagian dari kita pasti malas berolahraga. Dengan padatnya jadwal pekerjaan, sosialisasi dan mengurus diri sendiri dan rumah, olahraga masuk daftar terakhir dalam rutinitas harian kita.
Padahal olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak harus di gymnasium atau klub yang mahal. Kita bisa berolahraga di kantor atau di rumah dengan peralatan seadanya.
Jenis olahraga paling sederhana adalah jalan kaki. Kita bisa berjalan kaki menuju kantor atau seusai bekerja. Tidak butuh sepatu mahal untuk berjalan kaki. Sandal jepit atau tanpa alas kaki (nyeker) pun kita tetap bisa jalan kaki.
Di kantor kita bisa berolahraga dengan naik turun tangga. Kursi kantor bisa digunakan untuk peregangan (stretching), yoga atau pilates. Cukup lihat video di Youtube atau instal aplikasi di smartphone untuk panduan gerakannya.
Ingin intensitas olahraga agak berat? Coba lari naik turun tangga selama 5 menit. Angkat beban juga disarankan. Cukup isi botol bekas air mineral dengan air atau pasir. Cobalah angkat botol tersebut secara vertikal dan horizontal sebanyak (minimal) 30 kali selang seling.
Beberapa alternatif olahraga di kantor dengan meja atau tembok kubikel bisa dilihat videonya di Youtube atau aplikasi-aplikasi kebugaran di smartphone.
Olahraga sangat bermanfaat melancarkan metabolisme dan menenangkan pikiran. Saat berolahraga tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang efeknya menenangkan dan memberi rasa senang, sama seperti morfin.
Tunggu apalagi, ayo olahraga!

0 komentar: