Langsung ke konten utama

Trading Saham Pertambangan

    Sesudah trading saham selama beberapa bulan, saya amati bahwa sector pertambangan adalah salah satu penggerak industri di Indonesia. Batubara atau coal umumnya dipakai di Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Coal adalah sumber energy yang sangat murah bila dibandingkan air atau matahari. Indonesia berhasil masuk ke kelompok G20 karena "jasa" perusahaan-perusahaan tambang batubara yang mengekspor coal ke China. Produsen batubara terkemuka di Indonesia antara lain PTBA (PT.Batubara Bukit Asam,perseroan milik pemerintah), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Adaro (ADRO), dan Bumi Resources (BUMI).
    Selain batubara, ada pula aluminium, timah, emas, dan tembaga yang dibutuhkan sebagian besar perusahaan manufaktur untuk memproduksi mesin dan computer. Perusahaan timah yang menonjol di Indonesia adalah PT Timah (TINS) dan Latinusa (NIKL). Aneka Tambang,BUMN milik pemerintah, meupakan produsen emas dan tembaga terbesar kedua di Indonesia. Ada pula Vale Indonesia, podusen kobalt dan aluminium.
    Sebelum trading atau investasi saham pertambangan, sebaiknya kita lihat dulu Laporan Keuangannya. Bisa dilihat di situs perusahaan atau koran nasional (kalau berlangganan). Kalau sudah punya software online trading, cukup lihat saja di menu financial statement. Atau menggunakan menu Market screener di www.ft.com.  Cari perusahaan yang nilai DER nya kurang dari 1 (kalau tidak ada antara 0-4),pertumbuhan penjualan lebih dari 10%, PER antara 11x sampai 18x (kecuali PTBA dan ITMG, PER sampai 22x untuk kedua perusahaan ini masih wajar), Market Cap (penguasaan pasar) lebih dari 20%, dan sudah masuk atau pernah masuk LQ45.
    Cermati juga apakah pemerintah atau DPR akan mengeluarkan peraturan-peraturan baru di industry ini. Pajak atas 25 bahan tambang di Mei-Juni 2012 memukul harga saham-saham pertambangan.
    Dari Chartnya, cermati apakah Stochastic 5 3 3 di bawah, MA 2 di atas MA 10,kalau berniat trading. Dari MA2 atau MA5 dan MA10, cermati kapan MA5 memotong MA10 ke arah atas. Jadikan titik itu sebagai titik masuk beli saham. Kalau bisa baca candlestick lihat kapan saja harga mulai naik dan turun. Titik ketika harga mulai naik setelah sekian lama turun disebut titik Support. Titik ketika harga mulai turun setelah naik berhari-hari disebut titik Resistance. Paling enak beli di support dan jual di resist, kalau sahamnya sedang bergerak menyamping.  
    Sedangkan kalau mau investasi, lihat apakah garis MACD di atas 1, garis MA5,MA10,dan MA20 di atas MA 50 dan MA100. Kalau pakai indicator Parabolic SAR, cermati apakah sudah muncul titik hijau di bawah candle. Pastikan PERnya antara 12x -16x dan konsisten membagikan dividen. Salah satu pertimbangan berinvestasi adalah dividen.  Sebaiknya cari saham yang konsisten membagi dividen agar investor tetap memperoleh pendapatan.
    Untuk data transaksi asing, cermati apakah Foreign net buy lebih besar dari Foreign net sell selama minimal 2 minggu. Data ini bisa dilihat di software online trading atau di www.duniainvestasi.com.
    Saham-saham seperti TINS atau ADRO cenderung dimainkan investor local, jadi lihat saja volume atau value transaksi. Kalau di atas 500juta boleh saja masuk tapi kalau naik 2 poin segera jual. Kalau di atas 10 Milyar silakan simpan sampai harganya turun 6 poin dalam satu hari alias sudah mentok. Beberapa broker lebih memilih beli saham tambang saat IHSG naik alias hijau. Alasannya mereka cenderung mulai naik saat harganya sudah di bawah dan mengikuti IHSG yang digerakkan PTBA dan UNTR.
    Demikian saran-saran transaksi saham pertambangan dari saya. Disclaimer on :D . Saham-saham pertambangan yang masuk ke LQ45 antara lain AKRA, ADRO, ANTM, HRUM, INDY, ITMG, PTBA, TINS, UNTR.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

The Last Ship

Sebuah virus yang lebih mematikan dari Ebola dan lebih menular dari SARS menyerang penduduk bumi. Belum ada vaksinnya. Penduduk dunia yang tewas karena virus bertambah dengan cepat dari hari ke hari. Harapan terakhir ada di pundak virolog Dr. Rachel Scott dan awak kapal USS Nathan James. Mereka berjuang mencari vaksin virus tersebut agar dapat segera diberikan kepada orang-orang yang terinfeksi. The Last Ship adalah tontonan yang tepat bagi wanita pencandu ketegangan tapi tidak ingin kehilangan hiburan wajah-wajah tampan. Marinir-marini kapal USS Nathan James adalah gambaran ideal pasukan angkatan laut. Taktis, kuat, gesit, lincah, serba bisa, dan lumayan punya rasa humor. Bagi para wanita, inilah salah satu serial yang memanjakan mata.