Senin, 14 Januari 2013

Jane by Design


Serial televisi yang dibintangi Andie McDowell, Erica Dasher dan Nick Roux ini bercerita tentang remaja yang menjalani karir di bidang desain fashion sekaligus bersekolah. Soundtracknya yang dinyanyikan Rachel Platten berjudul Work of Art sering diputar di beberapa stasiun radio, membuat kepopuleran serial TV ini bertambah.

Jane adalah seorang remaja SMA yang menjadi asisten Creative Director sebuah rumah mode karena kecelakaan. Ia melamar untuk lowongan magang, tapi dikira melamar untuk posisi asisten pribadi, dan diterima. Bekerja di rumah mode adalah impian Jane, dengan semangat diterimanya pekerjaan itu walau ia harus memalsukan beberapa dokumen. Hari-hari seperti mimpi dimulai. Jane diserahi tugas membuat rancangan busana, mengurusi model-model rewel, bernegosiasi dengan supplier dan bersaing dengan perancang busana.
Sementara itu ia harus berjibaku dengan kehidupan nyatanya sebagai anak SMA dan bagaimana menyeimbangkan kehidupan SMA dengan dunia kerjanya. Sebagai bumbu penyedap ditampilkan kehidupan cinta Jane, Ben (kakak Jane) dan Billy (sahabat karib Jane), keluarga broken home Jane dan Billy, persaingan Jane dengan India, dan intrik-intrik dunia kerja rumah mode.
Sebagai hiburan, Jane by Design cukup bagus. Mata kita dimanjakan dengan berbagai rancangan mode yang up to date, edgy dan girly. Kita jadi tahu besarnya tekanan di industri baju siap pakai dan bagaimana menyiasatinya. Pemilihan Erica Dasher sebagai Jane sangat sesuai karena ia dapat memerankan anak sekolah yang berada di dunia kerja dengan baik.
Daya tarik utama Jane by Design adalah Andie McDowell yang berperan sebagai Gray Chandler Murray, Creative Director Donovan Dekker. Ia tampak natural menjalani peran sebagai desainer utama yang dingin, kuat, dan kadang emosional.
Jane by Design mengingatkan kita akan The Devil Wears Prada. Dua-duanya bercerita tentang dunia mode. Bila Jane menekankan pada kehidupan remaja dan proses mendesain baju, The Devil fokus pada industri high fashion dan penerbitan majalah mode. Di kedua film ini juga ada peran bos yang kejam dan kesepian. Tapi Gray lebih hidup dan manusiawi daripan Miranda.
Baik The Devil Wears Prada maupun Jane by Design enak dilihat. Kualitas akting The Devil memang lebih bagus, tapi cerita Jane by Design lebih menghibur dan dekat dengan keseharian.


0 komentar: