Kamis, 20 Mei 2010

Social Network

   Berbicara social network saat ini, pasti langsung teringat pada facebook dan twitter. Dua social network ini adalah jaringan pertemanan paling populer saat ini. Facebook disukai karena kelengkapan fiturnya, Twitter karena kepraktisannya. Facebook mirip megaportal yang memungkinkan anggotanya untuk saling memberi kabar, mengomentari status, bermain game, bermain (dan membuat) kuis dan aplikasi, dan menginstal aplikasi-aplikasi tsb ke dalam profil pengguna. Twitter justru disukai karena kepraktisannya. Di twitter kita bisa menuliskan apapun sebanyak 140 karakter lalu mengabarkannya ke seluruh dunia.
   Sistem facebook lebih rumit karena menuntut kesediaan dari kedua belah pihak untuk berhubungan. Bila saya ingin menjadi teman anda, anda harus mengapprove permintaan saya. Twitter hanya mengenal follow dan unfollow. Kita dapat mengikuti orang-orang yang kita sukai tanpa mereka harus melakukan yang sebaliknya. Facebook termasuk lamban diakses karena kelengkapan fiturnya. Twitter lebih cepat saking praktisnya. Di facebook kita dapat melakukan hal-hal selain bersosialisasi dengan teman karena ada aplikasi menarik, game, kuis, dan lain sebagainya. Twitter tidak memiliki aplikasi-aplikasi itu. Jadi kita hanya bisa bersosialisasi dengan teman-teman kita.
    Twitter mengingatkan saya akan yahoo messenger, aplikasi chat dari yahoo. Disitu qta hanya bisa mengobrol, dulu. Tapi sekarang qta juga dapat membeli musik, mengirim sms atau menelpon sesama pengguna yahoo messenger. 
     Yahoo Messenger merupakan aplikasi sosial networking yang pertama kali saya kenal. Pada awal tahun 2000an, aplikasi chat seperti yahoo messenger dan miRC mendominasi. Dan saat itu belum ada teknologi GPRS atau 3G seperti sekarang, jadi kalo mau berhubungan dengan orang lain di belahan dunia lain kita harus ke warnet. 
     Menjelang 2004 teknologi GPRS mulai diperkenalkan. Saat itulah friendster meledak. Selama periode 2004-2007 friendster adalah aplikasi jejaring sosial yang paling laris. Rasanya belum klop kalo belum punya friendster. Fitur yang diusung testimoni (tulis di dinding), upload foto dan customize profil dengan foto atau animasi. Terasa kuno sekali disaat sekarang ada facebook, walaupun lebih canggih daripada twitter

0 komentar: