Selasa, 17 Juli 2012

Danareksa Mawar Konsumer 10

Beberapa waktu ke depan saya akan membahas reksadana yang pernah dan sedang saya pegang. Saya mulai dari Danareksa yang sudah berbaik hati mengirimi saya kinerja 7 bulan terakhir. Manajer Investasi lain menyusul karena saya belum mendapatkan fund fact sheetnya.
Dari hasil memantau forum diskusi, reksadana ini termasuk salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati. Oleh karena itu,saya berinisiatif meminta fund fact sheet  7 bulan terakhir untuk mengetahui apa saja isi portofolio reksadana ini dan bagaimana cara kerja manajer investasinya.
Menurut fund fact sheet Danareksa Mawar Konsumer 10 diluncurkan pada 16 Februari 2011. Reksadana ini berfokus untuk investasi di emiten yang memproduksi barang konsumsi. Barang konsumsi adalah produk yang dibutuhkan untuk hidup sehari-hari, seperti sabun, mi, beras, obat/suplemen, minyak goreng,dll. Produksi dari perusahaan- perusahaan produksi barang konsumsi lebih banyak diserap penduduk lokal sehingga ia relatif kebal terhadap krisis global. Kecuali kalau ada teroris yang meledakkan beberapa pabriknya.
Emiten yang beruntung masuk Mawar Konsumer antara lain UNVR, ICBP, INDF, MAPI, MPPA, GGRM, ASII,KLBF, SIMP. Dilihat dari kinerja sejak diluncurkan, reksadana ini bagus untuk investasi jangka panjang. Ia kurang sesuai untuk investasi jangka pendek karena karakter saham konsumer cenderung mendatar (flat). Kenaikannya antara 0-75 rupiah per hari, kecuali ketika laporan keuangan keluar dan ketika bulan puasa.
Kalau diperhatikan setiap hari, Nilai Aktiva Bersih Mawar Konsumer mengikuti harga Unilever. Kalau harga Unilever naik, NAB Mawar Konsumer naik, demikian juga sebaliknya.
Saat paling baik untuk membeli Mawar Konsumer 10 adalah saat harga saham Unilever turun lebih dari 500 rupiah dalam satu hari. Atau di akhir tahun (bulan November/Desember ketika market sedang sepi).
Saat paling baik untuk menjual yaitu di akhir atau pertengahan bulan puasa, sama seperti saham-saham konsumsi. Pada saat itu, saham-saham yang menempati portofolio mawar konsumer 10 berada di harga tertinggi. 

0 komentar: