Kamis, 26 Juli 2012

Tabungan Commonwealth

    Hari ini saya mencoba membuka rekening Tabungan Bunga Harian dari Bank Commonwealth.  Tujuannya agar saya bisa beli jual reksadana dari berbagai manajer investasi. Di berbagai forum dan blog sudah disebutkan kalau fasilitas internet banking dari Commonwealth menyediakan puluhan macam reksadana dari berbagai manajer investasi.
    Syarat untuk membuka tabungan bunga harian adalah membawa KTP. Untuk membuka fasilitas transaksi reksadana, saya juga wajib menunjukkan NPWP milik saya. Kalau tidak atau belum memiliki NPWP, CS akan meminta NPWP milik orang tua. Setoran awalnya sama dengan bank-bank lain, yaitu lima ratus ribu rupiah (IDR 500 000).
     Proses pembuatan rekening, atm, dan internet banking membutuhkan waktu 50 menit. Saya sempat hitung ada 6 jenis formulir yang harus saya isi. Antara lain formulir pembukaan rekening, formulir internet banking, profil risiko, persetujuan pembukaan reksadana, dan 2 formulir lain yang saya lupa namanya. Materai yang dibutuhkan dua lembar. Satu untuk pembukaan rekening, satu untuk pembukaan transaksi reksadana.
   Kartu ATM yang diberikan tersambung dengan jaringan ATM Prima, termasuk ATM BCA. Kelebihannya: saya bisa bertransaksi dengan toko atau merchant  manapun yang menerima Kartu Debit (Paspor) BCA tanpa dikenakan biaya. Keuntungan yang paling terasa adalah saya bisa membayar di beberapa merchant besar tanpa dikenai biaya (fee) dengan kartu Commonwealth ini dengan biaya yang lebih rendah dari Paspor BCA. FYI, biaya bulanan untuk Tahapan BCA sekarang 12000 per bulan. Sedangkan biaya bulanan Commonwealth hanya 5000 per bulan.
    Bunga tahunan yang  diberikan 0.25% per tahun. Berdasarkan perhitungan saya, cukup dibutuhkan dana d24 juta rupiah (IDR 24 000 000) agar bunga bulanan bisa menutup biaya bulanan. Menurut Customer Service dan Call Center, biaya bulanan yang dikenakan hanya 5 ribu per bulan. Tidak ada beban pajak atas bunga. 
    Token diberikan gratis. Berbeda dengan BCA atau Mandiri yang mengenakan biaya dua puluh ribu rupiah (IDR 20 000) untuk mendapatkan token. Customer Service menerangkan dengan sangat jelas proses pemakaian internet banking untuk transfer dan pembelian reksadana. Kalau belum jelas, kita bisa mencoba berkali-kali di CS. Sesudah semua proses dan percobaan selesai, barulah saya menyetor dana di teller.
    Hadiah karena membuka tabungan ada dua: mug tebal bergambar logo Commonwealth dan Voucher belanja di Hypermart sebesar 50 ribu rupiah. Kedua hadiah tersebut menurut saya sebanding dengan biaya selama setahun menabung di bank tersebut.

5 komentar: