Minggu, 21 Juni 2015

Moneyball by Michael Lewis

When in doubt, go for Lewis or Cabot. Ini pepatah personal yang selalu dipegang bila saya bingung hendak berbelanja buku apa di TogaMas atau Play Store atau Periplus. Moneyball adalah buku yang didapat saat perburuan galau di Play Store.
Jika sering menonton siaran olahraga di saluran televisi khusus bisnis seperti Nikkei, CNBC, atau Bloomberg, sering sekali mendengar Moneyball dirujuk sejumlah anchor news, koresponden, wartawan, manajer tim, pelatih tim, atau pemilik klub. Moneyball semacam buku wajib yang harus dibaca mereka, terutama pemilik klub dan manajer tim yang ingin memaksimalkan keuntungan klub dengan belanja pemain yang tepat dan murah menggunakan analisis statistik yang tepat. Memaksimalkan keuntungan belum tentu meraih gelar juara, yang penting persentasi sekian puluh persen margin keuntungan terpenuhi.

Jika Soccernomics berfokus pada sepakbola, maka Moneyball berfokus pada olahraga baseball (bisbol, mirip kasti, dengan aturan yang berbeda), tepatnya pada klub Oakland A yang berlaga di liga Amerika Serikat wilayah barat.
Manajer Oakland A yang legendaris, Billy Beane, mengoperasikan klub dengan anggaran minimal, tapi bisa meraih 95-103 kemenangan tiap musim, dan bersaing dengan jawara wilayah timur tiap tahun. Peralatan utamanya adalah statistik dan manajemen yang tepat (dan intimidatif). Ia menyeleksi pemain berdasar catatan statistik mereka. Ia mempekerjakan analis statistik bergelar MBA dari Harvard. Ia menyewa manajer lapangan, pelatih-pelatih teknis, dan psikoterapis yang patuh pada perintah-perintahnya.
Billy Beane piawai memanipulasi pemain-pemainnya sendiri dan manajer-manajer tim lain. Ia sering bertaruh dengan pemain-pemainnya, memuji, mengawasi, bahkan mengintimidasi mereka. Ia sering memanipulasi dan mengintimidasi manajer-manajer dari tim lain agar mereka mau menyerahkan pemain dan uang mereka dengan imbalan pemain Oakland yang bertampang lumayan. Sejumlah staf dan manajer tim lain sampai-sampai menolak berkomunikasi dengannya karena terlalu sering dimanipulasi dan diintimidasi. Pendek kata: as long as Billy runs the show, Oakland A wins.
Berkat pendekatan micromanagement Billy Beane, Oakland A hampir selalu berhasil jadi juara di wilayah barat dan masuk play-off antar wilayah. Ia berhasil membuat klubnya membukukan keuntungan dari tahun ke tahun. Pemilik-pemilik klub besar tak ayal berupaya menariknya guna mengelola tim mereka.
Pasca membaca Moneyball, baik penggila olahragai maupun manajer bisnis bisa menarik pelajaran: bahwa untuk mengelola sebuah organisasi yang mencari laba (for profit organization) dibutuhkan manajer yang tepat, pertanyaan yang tepat, metode mencari jawaban pertanyaan yang tepat, eksekusi yang tepat, dan target yang terukur.
Tidak butuh waktu lama menyelesaikan Moneyball. Selain narasinya menarik, Lewis juga pandai menuntun pembacanya agar memahami peraturan dan cara main bisbol. Ia juga cerdas menaruh cliffhanger agar pembaca terus penasaran dan enggan beralih dari Moneyball.  4.5 dari 5 bintang untuk buku setebal 295 halaman ini.


0 komentar: