Jumat, 19 Juni 2015

TV Series: The West Wing (1999-2006)

Bagaimana menyeimbangkan kekuasaan? Bagaimana bernegosiasi dengan tepat? Bagaimana menyalurkan aspirasi politikus dan masyarakat dengan baik? Dan, bagaimana mengelola sebuah rumah tangga raksasa bernama negara dengan efektif? Serial televisi lawas berjudul The West Wing menyajikannya.
Serial yang memotret keseharian presiden Amerika Serikat beserta staf-staf kepresidenannya di awal tahun 2000an ini menunjukkan kepada penontonnya, seperti apa kehidupan seorang presiden di negara (bekas) superpower? West Wing menunjukkan bahwa seorang presiden dan staf kepresidenan tidak harus secerdas profesor, tapi ia harus pandai berkomunikasi. Dalam serial ini, karakter yang harus serba tahu adalah kepala-kepala staf. Mereka harus hafal ribuan perangkat dan aturan hukum, sejarah, dan relasi politik antar tokoh penting.

Para kepala staf tersebut digambarkan punya kehidupan pribadi dan kelemahan sendiri, bukan melulu robot yang bisa diajak bekerja 24 jam sehari. Ada Sam Seaborn yang lugu dan genius tapi digilai wanita-wanita cantik nan cerdas, Toby yang baik hati tapi terlalu idealis, Claudia Jean (CJ) yang efektif, efisien dan cerdas meladeni wartawan, Leo McGregg yang gila kerja hingga keluarganya berantakan, dan sejumlah karakter lainnya dengan sifat dan kepentingan yang unik.
Dari serial ini, penonton bisa belajar bagaimana berpolitik dan bernegosiasi dengan cara damai di dunia modern. Senjata utama politik dan negosiasi adalah perdagangan dan bantuan keuangan, bukan senjata dan keluarga seperti dalam Game of Thrones atau Mahabharata. Pertentangan antara dua pihak bukan sekadar baik lawan buruk, tapi dua pihak yang sama-sama baik tapi mewakili kepentingan yang berlawanan.

Menurut saya, West Wing adalah serial televisi yang wajid ditonton, terutama bila kita ingin memahami bagaimana politik dan perekonomian berjalan, bagaimana dampak setiap kebijakan mempengaruhi sejumlah pihak, dan bagaimana meredakan ketegangan antara pihak-pihak yang bertikai. Dialog-dialog dalam West Wing sama bermutunya dengan Newsroom atau Suits, sehingga serial ini sesuai ditonton berulang kali atau dijadikan rujukan dalam memahami ilmu perpolitikan modern. 

0 komentar: