Minggu, 20 Februari 2011

Blogwalking

    Kalau diterjemahkan, blogwalking artinya berjalan-jalan, menyusuri tulisan-tulisan di laman-laman blog. Blogwalking bisa diibaratkan seperti ketika kita berada di perpustakaan, kita bisa melihat-lihat dan membaca berbagai macam buku. Blog bisa disamakan dengan buku yang berada di perpustakaan karena bebas dibaca oleh siapa saja, bebas mengomentari dan dapat dibaca dengan suasana santai.
    Darimana kita bisa mendapatkan referensi blog yang cocok untuk dibaca? Bisa dari rekomendasi blogger di majalah, dari tautan di situs-situs tertentu, dari twitter, atau yang paling gampang membuka dari Google. Cukup mengetikkan kata atau tema yang kita inginkan, klik search,lalu muncullah berbagai hasil pencarian. Kita juga bisa blogwalking dengan mengikuti rekomendasi dari wordpress (kalau punya akun di wordpress) tentang blog apa yang sebaiknya kita baca.
    Tentu saja tidak semua blog layak dibaca. Ada blog yang isinya sumpah serapah, keluhan tak habis-habis tapi ada juga blog yang isinya curahan hati penulis atau pengalaman pribadi. Ada blog yang mengkhususkan diri pada pengalaman pribadi yang ditulis dengan cara humor, ada blog yang mengkhususkan pada catatan perjalanan (travelling), blog yang bercerita khusus tentang musik atau teknologi juga ada. Begitu pula blog yang berfokus pada kesehatan dan olahraga banyak tersebar di dunia maya. 
    Kebanyakan blog pemula (seperti saya) berisi hal-hal remeh seperti pengalaman harian, kemampuan bersosialisasi, pemikiran tentang suatu hal (thoughts), review buku atau tujuan wisata, atau bahkan cuma sekedar curhat. Hal ini wajar-wajar saja dan dapat diterima karena yang paling penting adalah kemauan untuk menulis dan kemampuan untuk menemukan hal-hal yang dapat ditulis. Tidak semua orang bisa menuliskan pengalaman pribadi atau menemukan hal untuk ditulis lho ;)
    Saya sendiri menulis blog sebagai latihan menulis. Syukur-syukur kalau ada yang baca. Lebih bersyukur lagi kalau tulisan saya bermanfaat bagi sesama.Tentu saja komentar dan umpan balik merupakan hal yang diidamkan seorang blogger karena kedua hal itu menambah semangat dan membantu blogger memperbaiki diri.
    Blog favorit saya untuk kategori musik adalah creativedisc.com dan stafaband.info. Kedua situs ini menyediakan ulasan tentang berbagai aliran musik, musikus yang sedang naik, musikus jaman dulu yang patut diingat, tangga lagu mancanegara dan lokal dari berbagai radio lokal dan billboard, ulasan album terbaru yang dikeluarkan artis pilihan dan download lagu gratis.
    Untuk olahraga tidak ada blog favorit yang saya ikuti dengan rutin karena informasi tentang olahraga mudah didapat dari berbagai situs. Terkadang saya mengunjungi desigunner.wordpress.com atau guardian.co.uk/football/blog untuk melihat foto olahragawan favorit atau membaca komentar yang bermutu dari sesama suporter olahraga.
    Semua blog yang terafiliasi dengan fashionesedaily.com sering saya kunjungi juga. Saya sering terkagum-kagum dengan koleksi fashion and beauty yang dipamerkan dan diulas. Cukup melihat-lihat saja, karena saya tidak terlalu ingin menggunakan baju yang dipamerkan atau make-up yang diajarkan untuk sehari-hari karena terlalu heboh.
    Tidak lupa saya juga mengunjungi blog teman baik saya seperti defairy.wordpress.com ;) . Sekian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar: