Langsung ke konten utama

Prevention : Siasat TIngkatkan Ketajaman Otak

     Pernah bertanya-tanya kenapa kita begitu mudah lupa? Pernahkan berfikir apakah daya ingat kita menurun? Pernahkah merasa heran mengapa kita lupa apa yang baru saja kita ucapkan? Itulah Lupa. Lupa adalah sifat alami manusia. Lupa terjadi ketika kita tidak bisa mengingat sesuatu. Lupa biasa dialami ketika kita tidak menaruh perhatian penuh kepada suatu hal. Agar bisa selalu berfikir jernih dan tidak mudah lupa, kita perlu memberi stimulasi rutin bagi otak. Cara paling mudah adalah dengan memaksimalkan aktivitas harian dan hobi. Check it!
  1. Browsing dunia Internet. Kegiatan mencari informasi di dunia maya ternyata membuat sel-sel di otak bekerja lebih aktif. Saat masuk ke dalam interaksi dunia maya, kita perlu menimbang dan mengambil keputusan informasi mana yang sebaiknya dibaca atau diabaikan. Secara mental kegiatan ini juga lebih menarik daripada membaca buku tebal dan berat. Hasil scan MRI menunjukkan ketika browsing ada satu sirkuit otak yang aktif yang tidak ditemukan pada orang yang membaca buku. Sisihkan waktu 20 menit sehari untuk mencari informasi yang ingin kita ketahui atau pelajari dari internet.
  2. Berolahraga teratur. Kepikunan dan proses penuaan otak bisa dihambat dengan latihan aerobik. Aerobik membantu meningkatkan kecepatan dan ketajaman daya pikir,juga menambah volume jaringan di dalam otak. Olahraga teratur dapat mengurangi penumpukan lembak yang mengganggu aliran darah ke orak sehingga kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otak tercukupi. Berjalan kaki selama 50 menit selama 3 kali seminggu terbukti dapat meningkatkan ketajaman otak. Suasana taman yang rindang dan banyak pohon juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir hingga 20% dibanding berjalan kaki di jalan raya.
  3. Menyikat gigi setiap hari. Penyakit radang gusi dan gigi merupakan salah satu penyebab bertambah parahnya gangguan kognitif seseorang.  Pada orang dewasa gangguan ini berlangsung seumur hidup. Jadi pastikan kita menyikat gigi selama 2 menit dan lakukan minimal sekali sehari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Kalau perlu berkumurlah dengan mouthwash sesudah menyikat gigi.
  4. Batasi konsumsi alkohol. Cukup satu gelas sehari,no more.Berlaku untuk semua jenis minuman beralkohol termasuk wine. Semakin banyak mengonsumsi alkohol semakin kecil volume otak kita. Wanita lebih rentan terhadap efek alkohol. Kalau memang menyukai alkohol, cobalah minum white wine sesudah makan malam dan dicampur dengan soda tawar,masing-masing setengah bagian. Cara ini ampuh mengurangi asupan alkohol.
  5. Bersahabat dengan blueberry. Buah-buahan berwarna ungu dapat membantu proses berfikir berkat kandungan antosianin yang tinggi,salah satunya blueberry. Asupan blueberry rutin dapat meningkatkan perkembangan sel di bagian hipokampus sehigga kemampuan otak memecahkan soal yang sulit juga meningkat. Beli dan simpan blueberry atau ubi jalar di kulkas sehingga dapat disantap kapanpun kita lapar.
  6. Rajin bermain sudoku. Permainan menyusun angka dalam kotak adalah cara menyenangkan untuk mengasah otak dan kemampuan mental. Bermainlah sudoku ketika kita merasa bosan atau sedang menunggu sesuatu.
  7. Meditasi secara rutin. Meditasi bermanfaat mencegah penurunan daya ingat, meredakan stres dan menstabilkan mental. Orang yang suka meditasi mengalami perluasan area korteks di otak. Sebaiknya kita melakukan meditasi 40 menit setiap harinya. Jika tidak terbiasa mulailah dengan 15menit/hari. Duduk tegak dan rileks,pejamkan mata,fokuskan pikiran kepada satu hal yang menenangkan yang terdengar oleh kita saat bermeditasi.
  8. Aktifkan tangan dalam kegiatan. Kegiatan yang melibatkan tangan dapat memicu produksi dopamin dan serotonin (hormon yang mengatur emosi) dan membuat area korteks otak yang mengatur daya ingat semakin aktif. Lakukan hobi yang menuntut koordinasi tangan yang baik,misalnya merajut, memasak,bermain musik atau melukis
    Terdengar akrab dan mudah dilakukan bukan? Kita tidak harus melakukan semuanya sekaligus dalam satu waktu. Cukup pilih salah satu atau beberapa yang sesuai dengan rutinitas kita sehingga dapat dilakukan dengan hati gembira dan tidak merepotkan. Buat para ibu, bermain dengan anak di taman sambil berlari-lari dan berjalan kaki setiap hari sangat layak dilakukan. Buah hati senang, anda sehat. Untuk remaja dan wanita lajang, bermain sudoku dan browsing sudah sering dilakukan. Yang perlu ditingkatkan adalah tingkat kesulitan sudoku dan ketepatan informasi. Selamat beraktivitas :D


Disadur dari Majalah Prevention Juli 2009. Pengarang: Lily Turanggan. Artikel sudah dimodifikasi sesuai kreativitas saya :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

The Last Ship

Sebuah virus yang lebih mematikan dari Ebola dan lebih menular dari SARS menyerang penduduk bumi. Belum ada vaksinnya. Penduduk dunia yang tewas karena virus bertambah dengan cepat dari hari ke hari. Harapan terakhir ada di pundak virolog Dr. Rachel Scott dan awak kapal USS Nathan James. Mereka berjuang mencari vaksin virus tersebut agar dapat segera diberikan kepada orang-orang yang terinfeksi. The Last Ship adalah tontonan yang tepat bagi wanita pencandu ketegangan tapi tidak ingin kehilangan hiburan wajah-wajah tampan. Marinir-marini kapal USS Nathan James adalah gambaran ideal pasukan angkatan laut. Taktis, kuat, gesit, lincah, serba bisa, dan lumayan punya rasa humor. Bagi para wanita, inilah salah satu serial yang memanjakan mata.