Selasa, 05 April 2011

Aksesoris

    Sebagian wanita suka berpenampilan luar biasa dengan mengenakan baju yang mewah dan bling bling (berkilauan), sebagian suka dengan penampilan dan tata rias sederhana, sebagian suka tata rias yang sederhana tapi berbusana chic. Lainnya suka busana sederhana dan tata rias yang mencolok. Namun yang tidak suka berdandan dan prefer pakaian sederhana lebih banyak lagi. Sebagai wanita, tentunya ter, kadang kita ingin tampil outstanding, wow, atau elegan sekali-kali bukan? Untuk itulah aksesoris dibutuhkan.
   Aksesoris banyak sekali macamnya. Sepatu dan tas pun bisa digolongkan sebagai aksesoris. Berbagai jenis perhiasan (kalung, gelang, anting, bros),pin, scarf/shawl, jilbab/kerudung, ikat pinggang, jam tangan juga dapat digolongkan sebagai aksesoris. Yang umum dimilikik wanita dan sering dipakai antara lain sepatu, tas, jam tangan, atau jilbab (bagi yang mengenakan). Wanita-wanita karier biasanya menambahkan gelang, kalung atau belt (ikat pinggang).
    Untuk menampilkan kesan yang pas pada penampilan sebaiknya ketahui tone warna kulit kita, apakah cold atau warm. Kalau cold, sebaiknya pilih perhiasan atau aksesoris bernuansa perak. Kalau warm, pilih yang bernuansa emas (lihat video).

    Aksesoris yang paling saya sukai adalah bros dan jilbab. Bros mudah didapat di penjual-penjual aksesoris, baik di pasar, pertokoan maupun mall. Tentunya bros dari pasar harganya berbeda dengan bros Hermes. Bros dari pasar bisa didapat dengan harga kurang dari IDR 30000 (tergantung ukuran dan kerumitan). Sedangkan bros dari brand terkenal harganya bisa mencapai jutaan. Saya terkadang mendapatkan bros sebagai suvenir dari pesta-pesta pernikahan. Harus saya akui kualitasnya lebih baik dari pada bros yang dijual di pasar dan desainnya lebih sederhana dengan material yang lebih baik.
    Saya sendiri lebih menyukai aksesoris dari pasar atau pertokoan kecil. Walau tidak bermerek tapi variasinya lebih banyak dan harganya lebih terjangkau. Kualitasnya memang pas-pasan, tapi aksesoris murah meriah akan lebih awet kalau kita telaten merawatnya. 
    Jilbab yang bisa menimbulkan kesan elegan atau luar biasa menurut saya adalah jilbab persegi empat yang motifnya agak ramai di bagian tengah tapi polos di tepi, atau sebaliknya. Jilbab jenis ini jarang terdapat di Indonesia jadi terkadang saya menitip orang tua untuk membelikannya saat mereka umroh.
    Jilbab jenis persegi empat agak repot dipakainya. Dilipat dulu membentuk segitiga, lalu diikat di bawah dagu dengan bantuan peniti atau jarum. Sematkan bros dimanapun anda menginginkannya. Pastikan warna aksesoris kontras dengan warna dan motif jilbab. Untuk acara harian aksesoris kecil atau sedang dengan desain sederhana cocok dipakai. Kalau acara pesta atau resmi saya memilih aksesoris besar atau sedang yang agak memcolok sehingga penampilan saya nampak menonjol.
    Sebenarnya bergo (jilbab instan yang siap pakai) juga bisa menimbulkan kesan elegan dan luar biasa. Tapi diperlukan korsase untuk mempercantik bergo. Dan saya tidak cukup sabar atau terampil untuk merangkainya, jadi saya jarang memakainya. Bros, peniti, jarum dan sentuhan sedikit make-up lebih cocok buat saya yang menyukai kepraktisan.

0 komentar: