Rabu, 13 April 2011

MENGUNDUH (alias downloading) di Masa Kecil

    Tidak puas-puasnya saya membahas kelakuan buruk saya yang satu ini. Mengunduh berbagai file memang salah satu bentuk pembajakan, tetapi sejauh tidak diperdagangkan dan dibagikan dengan orang lain saya rasa boleh-boleh saja saya mengunduh file. Apa boleh buat, kadang musik/majalah/software yang saya inginkan tidak tersedia di Indonesia. Kalaupun saya menyewa dari rental VCD, mereka juga mendapatkannya dengan cara mengunduh di internet. Well, apa bedanya dengan saya?

    Dulu waktu saya masih duduk di bangku junior high school, data yang paling sering saya unduh adalah lagu anime dan wallpaper anime. Saat itu sangat tidak mungkin mendapatkan berbagai lagu anime di toko kaset. Perdagangan online belum ada, jadi saya juga tidak bisa membeli CD-original. Cara lain untuk mendapatkan lagu anime adalah dengan merekam lagu anime saat diputar di radio. Karena kualitas rekaman sangat bergantung pada cuaca kualitas sinyal radio, sangat jarang sekali bisa mendapatkan lagu yang utuh dan bersih. Sehingga saya memutuskan untuk mendownload dari internet saja.
    Saat itu belum ada flashdisk atau harddisk eksternal, padahal 1 file lagu berukuran minimal 3MB. Jadilah saya harus memecah file lagu-lagu tersebut menjadi 3 bagian yang dimasukkan ke (minimal) 3 buah disket 1.44" yang masing-masing kapasitasnya 1.23MB. Waktu itu koneksi internet amat sangat lambat. Untuk mendownload satu buah lagu saja dibutuhkan waktu hampir 30 menit. Tapi karena sudah terlanjur kepingin ya disabar-sabarkan menunggu.
    File lain yang sangat saya suka untuk diunduh (dulu) adalah gambar alias wallpaper apa saja, mulai dari anime sampai motif abstrak. Yang penting ada unsur seni gambar. Saya merasa sangat senang dan tenteram kalau melihat-lihat gambar seni. Seolah beban hidup terangkat dan kepala terasa kosong. Ukuran file gambar bervariasi. Kalau dimensi hanya 480 pixel x 640 pixel ukuran gambar berkisar antara 60-500 kb. Semakin besar dimensi dan variasi warna, semakin besar ukuran file gambar.

1 komentar: