Sabtu, 11 Mei 2013

Business Model Generation by Osterwalder & Friends



Sesuai dengan judulnya, Business Model Generation (saya singkat BMG) adalah panduan dan petunjuk bagi siapa saja yang ingin memahami berbagai model bisnis yang dulu, sekarang dan akan ada di dunia ini. Orang yang paling membutuhkan BMG adalah mereka yang ingin berbisnis dan bingung model bisnis apa yang sesuai bagi mereka dan mereka yang ingin memahami diri sendiri dan usaha seperti apa yang sesuai. BMG juga cocok bagi kaum karyawan atau buruh untuk membantu memusatkan kelebihan kita dan ranah spesialisasi apa yang sesuai bagi mereka.

Business Model Generation disusun oleh Alexander Osterwalder, Yves Pigneur, dan 470 praktisi dari 45 negara. Bisa dikatakan buku ini salah satu produk crowdsourcing, dimana seseorang atau sekelompok orang melontarkan sebuah ide dan merampungkan ide itu bersama orang-orang yang berminat berkontribusi. Situs resmi BMG adalah www.businessmodelgeneration.com/hub.
BMG dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu : Kanvas, Pola, Desain, Strategi dan Proses. Tiap bagian berfokus pada hal yang berbeda.
Kanvas berisi sketsa dan penggambaran aspek-aspek model bisnis. Pola berisi penjelasan model bisnis yang karakternya sama. Desain tentang teknik memecah dan mengaplikasikan model bisnis yang sudah dibuat ke dalam bagian-bagian kecil. Strategi berfokus pada adaptasi dan mengatasi masalah usaha kita. Proses menjabarkan alat bantu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kita. Tiap bagian BMG menyertakan contoh bisnis dan perusahaan yang berhasil maju dan menjadi perusahaan terdepan di bidangnya, seperti Apple, Sony, Nestle, dan Google.
Kekuatan BMG terletak pada kata-kata yang bagai bercerita, mudah dimengerti dan komunikatif, deretan gambar dan sketsa yang menarik, format penyampaian (teori dan sederet contoh aplikatif) yang berbeda dengan buku bisnis lainnya, proses crowdsourcing yang mendasari penyusunannya, dan adanya halaman sketsa tempat kita bisa menyususn model bisnis kita sendiri.
Setelah membacanya berulang-ulang dan mencoba menganalisanya dengan berbagai perusahaan di Indonesia, saya sadar bahwa buku ini wajib dibaca bagi teman-teman pelaku bisnis,teman-teman yang ingin membuat rencana bisnis, atau berencana membuat usaha yang bermanfaat, menguntungkan dan berkelanjutan (sustainable).
Ada 2 seri buku ini, yaitu Business Model Generation dan Business Model You. BMG menekankan pada pembuatan dan aplikasi rencana bisnis. Business Model You berfokus pada pengenalan diri dan karir apa yang sesuai. Kedua buku ini harganya cukup mahal, diatas 100ribu. Tapi harga segitu termasuk murah untuk kualitas cetak prima, gambar menarik dan isi yang bermanfaat.
Happy reading :)

0 komentar: