Selasa, 01 Desember 2015

Predestination (2014)

Apa keuntungan menonton film di DVD? Bisa playback  sepuas hati. Film layar perak macam apa yang sesuai dilihat lewat DVD? Predestination jawabnya.
Setelah menonton film ini sebanyak 3kali, barulah saya memahami jalan cerita yang disampaikan. Film yang dibuat khusus bagi penggemar konspirasi dan time travel ini menampilkan dialog yang mudah dipahami, jalan cerita yang tampaknya linearm kisah yang mengharukan, dan aksi yang tidak berlebihan. Jalan cerita yang tampaknya lurus-lurus saja ini baru terasa ganjil di akhir cerita, yang membuat penonton penasaran dan rela menonton ulang dari awal.

Bisakah kita menghindari takdir? Tidak, justru usaha-usaha menghindari takdir malah mewujudkan takdir itu sendiri. Tebaran berbagai macam karakter yang saling berkaitan sepanjang film berlangsung ini sebenarnya satu orang yang sama: si Jane atau John Doe. Karena seringnya trauma fisik dan perjalanan waktu yang ia lakukan, ia lupa jati diri dan wajahnya dulu.
Jane Doe adalah seorang anak yatim piatu dengan kecerdasan dan kemampuan fisik luar biasa. Suatu ketika, ia gagal dalam tes astronot dan harus menjalani kuliah malam. Di sana ia bertemu pria yang sangat menarik, dan hamil. Perdarahan yang hebat saat melahirkan membuat uterus dan vaginanya rusak, tapi alat kelamin prianya (Jane seorang hermafrodit) utuh. Ia pun bertransformasi menjadi pria, menjadi John Doe. Di waktu yang sama, bayinya hilang. Hancur, ia banting setir menjadi penulis untuk membiayai hidupnya. Suatu malam ia berkunjung ke sebuah bar dan mencurahkan isi hatinya kepada bartender. Si bartender mendengarkan kisah John dengan tekun dan mengajaknya melakukan perjalanan waktu. Di sinilah cerita sesungguhnya dimulai.
Sesungguhnya, yang menghamili Jane adalah John, dirinya sendiri. Si bartender itu juga Jane/John di masa depan. Fizzle Bomber yang mereka buru selama ini. Ia juga Jane/John di masa depan yang lebih jauh lagi. Ruwet kan?

Walau rumit dan membingungkan, cerita dalam Predestination cukup bisa dinikmati. Penonton baru merasa ganjil saat cerita berakhir. Jika anda seorang penonton setia bioskop, bisa saja anda memutuskan untuk membeli tiket dan menonton ulang film ini. Sangat direkomendasikan. 4.5 dari 5 bintang. 

0 komentar: