Langsung ke konten utama

Fiksi Gas

   Sudah 3 bulan ini saya kecanduan twitter. Efek samping dari World Cup juga sih. Karena setiap kali ada pertandingan di televisi pasti ikut-ikutan nulis di twitter. Lebih tepatnya ngerumpi dengan sesama pengguna twitter. Asal pakai kata kunci atau hashtag yang sama pasti bisa terhubung. Tidak harus saling mengikuti (follow). 
   Akun twitter yang baru-baru ini saya ikuti adalah @gaselpiji3kg. Ini adalah akun twitter yang aktif mengkritik kebijakan konversi gas pemerintah yang tidak lancar dan terkesan lepas tanggung jawab antar instansi. Hal ini tercermin dari lambatnya penanganan korban ledakan gas. Tweet @gaselpiji3kg yang berkesan menurut saya adalah tweet-tweet pada tanggal 26 Agustus 2010 yang berjudul fiksi gas. Begini ceritanya:


    Ya kita ceritain pengalaman temen gue aja ya waktu ada kebocoran gas di rumahnya...Jadi sewaktu temen ini masak tiba-tiba ada bunyi mendesis lumayan kenceng...Panik, dia malah lari dulu (selamatkan diri, gitu katanya). Tabung, dll masih ditinggal di dapur. Sekitar panik 5 menit, dan karena takut dia panggil teman serumahnya untuk cek tabung, dll yang masih mendesis di dapur. Temannya bingung. Browsing google kilat, dia copot regulator, taro @gaselpiji3kg di ruang terbuka. Tapi masih ada bunyi mendesis. Ditengah panik (dan tetangga juga) disuruh tutupin tabungnya pake kain/handuk basah. Tabung @gaselpiji3kg mendesis terus! 
     Panik, dia inget nasihat twit kita, telpon Pertamina: 500 000. Pertamina: 500 000 yang nerima mbak-mbak. Disuruh tenang, dan petugas akan datang segera, katanya. Sementara, tabung @gaselpiji masih mendesis terus, makin kenceng. Ditutupi handuk basah, sampe ketutupan semuanya. Untungnya, di lingkungan sekitar saat itu nggak ada yang bakar sesuatu. Akhirnya tabung @gaselpiji3kg -nya mendesis sampe habis, kira2 3-4 jam gitu (ampe malem). Dan petugas Pertamina blum dateng juga! Untung juga diwanti-wanti di sekitar situ ada yang jaga, supaya nggak ada yang nyalain api malam itu. Tabung dibiarin di luar terus sampe besoknya jam 11. Baru si petugas Pertamina dateng! Terus si petugas pertaminanya dengan anteng bilang, "Oh, silakan dituker aja ke agen terdekat." 
    Jadi kalo ada gas bocor, nggak ada pihak dari Pertamina yang tanggung jawab? Datengnya telat lagi! Gimana kalo tewas duluan? Ini buat bingung. Pertamina bikin no. pengaduan Pertamina: 500 000 itu harusnya buat reaksi cepat dong! Kalo pengaduan Pertamina itu nggak kerja, ngapain dibuat! Tapi ini bikin bingung berlanjut...Trus kita harus ngadu ke siapa kalo ada kebocoran @gaselpiji3kg? Polisi? Pak RT? Koramil? 
    Cerita ini nunjukin bahwa konsumen @gaselpiji3kg itu yang paling rugi. Pertamina gak tanggung jawab. Semua ditanggung sendiri! Demikian ceritanya. Jadi seperti yang pernah dibilang, pemerintah cq Pertamina cuma bikin proyek doang ini mah ceritanya.

     Sungguh cerita pendek yang menyindir kemampuan pemerintah dan Pertamina dalam menangani ledakan gas. Saya sendiri belum pernah mencoba menelepon 500 000, karena ketika ada tabung gas bocor di lingkungan perumahan saya langsung dimasukkan ke drum berisi air (kebetulan yang bocor gas 12 kg). Untung tidak ada yang main mercon atau api ketika tabung belum dimasukkan drum, jadi aman-aman saja.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Scribd vs SlideShare vs Academia.edu

Manusia dimanapun membutuhkan masukan orang lain untuk belajar. Apalagi di abad 21 ini. Presentasi yang merupakan salah satu cara untuk membujuk orang lain agar setuju dengan pendapat kita pun perlu dipelajari tips dan triknya. Dan tidak semua orang bisa melakukan presentasi dengan menarik atau membuat materi presentasi, entah di Power Point atau di Prezi, dengan baik.  Untuk itulah dibutuhkan situs berbagi berkas presentasi dan cara mempresentasi seperti TED (Technology, Entertainment, Design) dan SlideShare. Dari situs-situs seperti tiulah kita bisa belajar bagaimana melakukan presentasi dengan baik. Dari situs semcam Academia.edu, Scribd dan Slideshare, kita mendapat pilihan materi presentasi paling sesuai, desain terbaik atau informasi layout seperti apa yang paling efektif menarik perhatian.

Perdagangan Surat Hutang (Obligasi)

Obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang (jangka waktu 3-5 tahun) yang dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Obligasi ( bonds ) dapat diperdagangkan dengan 2 cara, yaitu lewat Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melalui perantara pihak perbankan ( over the counter ).