Rabu, 21 November 2012

Startup, Indonesia


Salah satu buku bagus yang tidak pernah dibeli, cuma minjem. Berisi kumpulan cerita, perjuangan dan motivasi anak-anak muda dalam mendirikan startup di Indonesia. Startup sendiri adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Contoh startup yang sekarang familiar dan banyak dipakai adalah Kaskus dan Urbanesia.
Biasanya startup dimulai sebagai proyek pertemanan dari beberapa orang yang memiliki hobi dan minat yang sama. Ketika software atau situs produk mereka mulai berkembang, mereka mulai mencari bantuan mentorin dan pendanaan. Kalau tidak kuat di aspek-aspek seperti bisnis, konsep, marketing dan pelayanan, mereka bisa hancur tergilas persaingan.
Biaya untuk memulai sebuah startup (umumnya) berasal dari kantong pendiri-pendirinya sendiri. Tidak heran biaya awal sering dihitung nol atau tidak dihitung. Para pendiri startup ini biasanya sudah jago di bidang pemrograman dan TI, serta punya konsep produk yang jelas. Sayangnya mereka lemah di bagian marketing dan finansial. Akibatnya tidak jarang startup yang mereka dirikan menyedot dana pribadi mereka terus-menerus. Ketika dihadapkan pada persaingan bebas antar startup yang sejenis, mereka kalah dengan startup lain yang punya kondisi finansial dan tim merketing lebih kuat.

Di bagian-bagian awal buku dipaparkan cerita-cerita sukses dari startup lokal dan internasional. Dari startup lokal yang menonjol adalah Koprol,Kaskus,Urbanesia,dan Gamedev. Startup internasional paling sukses adalah Google dan Facebook. Pengarang buku ini membuat timeline kebangkitan startup-startup internasional mulai 1996-2010. Sayangnya yang dibuatkan timelinenya hanya startup di bidang software, situs dan aplikasi. Bidang hardware tidak disentuh.
Untuk itu tim pengarang buku ini yang terdiri atas Restituta Ajeng Arjanti dan Reney Lendy Mosal menawarkan beberapa tips sukses bagi para pendiri startup, yaitu:
  1. Pilih bidang sesuai passion
  2. Mulailah dari value, bukan profit
  3. Miliki visi
  4. Mau bekerja keras
  5. Pantang menyerah
  6. Konsisten
  7. Kerja tim
  8. Fokus pada konsumen,lakukan pemasaran yang efektif
  9. Rajin menganalisis pasar,jangan abaikan kompetitor
Ada beberapa startup lokal yang belum sesukses Kaskus dibahas secara khusus dalam buku ini. Antara lain sedapur.com, nulisbuku,kutukutubuku dan dunia fitness. Beberapa pendiri startup yang dianggap sukses juga dibahas sosoknya. Mulai dari minat, motivasi, dan kerja keras mereka memajukan usaha mereka.
Di akhir buku, penulis-penulis mendorong anak-anak muda Indonesia agar mendirikan startup-startup lokal yang bermanfaat agar kita bisa menyaingi Silicon Valley.
Menurut saya buku ini bagus sebagai panduan bagi siapapun yang ingin berwirausaha apapun, tidak harus mendirikan startup. Sebagian besar tips dalam buku ini bersifat universal dan tak lekang waktu. Kata-kata motivasi yang mengisi buku ini sangat hidup dan membakar semangat. Membaca buku ini bisa membangkitkan semangat untuk mendirikan usaha baru.

0 komentar: