Rabu, 05 Juni 2013

Membandingkan Reksadana lewat Bloomberg


      
gambar.1 
   Saat iseng-iseng ingin mencoba investasi yang mudah dan murah, kita berpaling ke reksadana. Hanya dengan 100ribu sudah bisa berinvestasi. Masalahnya, ada ratusan reksadana terbuka yang dijual di Indonesia. Waktu kita untuk menelitinya satu per satu pun terbatas.
   Kalau bingung menentukan reksadana apa yang sesuai bagi kita, salah satu caranya dengan membandingkan mereka lewat Bloomberg. Cukup buka link List reksadana di Indonesia http://www.bloomberg.com/markets/funds/country/indonesia/

      Misal kita mau membandingkan beberapa reksadana dari 1 Manajer Investasi, yaitu Batavia Dana Saham (BIRADSI:IJ) dan Batavia Dana Saham Optimal (BADOPTI:IJ), kita cukup klik Batavia Dana Saham, klik tulisan Mutual Fund Chart for BIRADSI , akan keluar gambar di atas ini. Untuk membandingkannya dengan Batavia Dana Saham Optimal, masukkan kode BADOPTI:IJ ke kolom “add a comparison” , lalu klik add. Hasilnya gambar 2.
       Kita bisa membandingkan maksimal 4 reksadana lewat Chart Bloomberg ini. Sebagai contoh saya menambahkan BNP Paribas Ekuitas (CITEKUI) dan Batavia Dana Saham Syariah (BSDSSYH). Untuk lamanya, kita bisa mengukur kinerja suatu reksadana sampai 5 tahun, tinggal klik tab “5Y” di kanan atas grafik.
gambar.2 

gambar.3
Kalau ingin mengetahui harga suatu reksadana tahun lalu misalnya, kita tinggal klik Setting, centang “enable tracking” dan arahkan kursor ke garis grafik. Akan terlihat tanggal dan harga reksadana saat itu.
gambar.4

Mudah sekali kan membandingkan kinerja reksadana? :)


0 komentar: