Kamis, 30 April 2015

Adapt by Tim Harford

Honestly, I think Harford is the British version of Steven Levitt or Chris Anderson. Of course he has his own distinct unique trait, such as historical economics or game theory. He can retold them in some broader audiences using his own words, which is easier to understand than paperworks or journals nowadays. Recently, Tim Harford is a correspondent at Financial Times, a leading business newspapaer in Britain.
Adapt, Harford, latest work, told us stories about organization and individuals inside organization to adapt in changing environment. It also present us insights about how some people adapting to rapid changes. Like his most famous book, The Undercover Economist, Adapt use easy-to-digest words, familiar example, and use some heroes as his protagonist. Audience can track these heroes after their stories told in Adapt.

Ada 3 ide utama yang ditawarkan Harford bagi individu atau organisasi untuk beradaptasi. Pertama: multiplikasi (perbanyakan diri). Kedua: variasi. Terakhir: seleksi. Dalam ketiga fase tersebut, pasti ada saja sejumlah kegagalan yang terjadi. Untuk itulah Harford selalu menekankan the virtue of failure (kebijaksanaan dari kegagalan) dalam setiap bab nya.
Di bagian awal dan akhir, Harford menekankan bahwa ide adaptasi -untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan- berasal dari ide adaptasi biologi ala Darwin, survival of the fittest. Namun ia tidak merendahkan makna kegagalan. Baginya, berakhirnya hidup suatu perusahaan memberi jalan bagi kehidupan perusahaan lain atau individu lain. Bahkan ia memberi contoh sebuah perusahaan dengan tingkat kegagalan tertinggi nyaris setiap tahun justru berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik di bidang teknologi informasi. Perusahaan ini adalah Google.
Buku setebal 340 halaman ini bisa dibeli di Google Play seharga kurang dari 200 ribu. Sangat direkomendasikan, karena paparannya mudah dicerna, mudah dimengerti, bahasanya sederhana, dan narasinya tidak berbelit-belit. Empat dari 5 bintang untuk Adapt.


0 komentar: