Jumat, 29 Mei 2015

88 Fakta Unik Indonesia by Lembaga Demografi FEUI

Di semester lalu, ada satu mata kuliah yang menuntut kami menganalisa lingkungan makroekonomi dari sebuah perusahaan. Kami ditantang menganalisis target pasar, operasional perusahaan, dan sejumlah faktor lingkungan yang mempengaruhi berjalannya suatu perusahaan. Salah satu faktor tersebut adalah demografi.
Komposisi demografi penting kerena ia terkait dengan target pasar produk suatu perusahaan. Siapakah target pasarnya? Apa kebutuhan mereka?  Apakah produk perusahaan sanggup memenuhi kebutuhan mereka? Apakah mereka sanggup membeli produk perusahaan? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?

Data demografi Indonesia bisa didapat dari Biro Pusat Statistik (BPS). Namun data dari BPS hanya berupa tabulasi silang angka dan tahun, bukan data yang siap pakai atau dipresentasikan. Nah, buku ini menyajikan data BPS dalam bentuk siap pakai dan siap dicerna, dalam bahasa keseharian yang lugas dan mudah dimengerti.
Buku ini tidak hanya sesuai bagi akademisi, tapi juga bagi masyarakat awam. Halaman-halamannya dan kata-katanya berwarna-warni, dicetak di atas kertas separo buram, enak dibaca di mata dan enak ditenteng. Ilustrasinya menarik, kocak dan tepat sasaran. Fakta-fakta yang disajikan bisa dipertanggungjawabkan karena berasal dari BPS dan sudah di cek silang oleh Lembaga Demografi FEUI.

Buku setebal 176 halaman ini bisa dibeli di Gramedia seharga IDR 68 ribu. Karena tipis, buku ini cepat sekali dibaca. Tidak sampai satu jam sudah tamat. Cukup 2 dari 5 bintang. 

0 komentar: