Selasa, 19 Mei 2015

Theodore Boone: The Activist by John Grisham

Setelah sempat dikira tamat dan tidak akan terbit lagi, akhirnya John Grisham merilis lagi serial pengacara ciliknya untuk pasar anak-anak dan remaja. Serial Theodore Boone memang tidak seterkenal Sycamore Row atau Ford County. Goodreads bahkan tidak merekonmendasikan serial ini, walau saya jelas-jelas memasukkan Kid Lawyer, The Fugitive dan The Accused ke Read list.
Di buku keempatnya, Grisham sekali lagi menggambarkan dunia hukum dari kacamata remaja dengan latar belakang pengacara yang kuat. Kedua orang tua dan pamannya pengacara. Theo Boone bisa melihat di masa depan pun ia akan menjadi pengacara. Ia mengikuti sejumlah kegiatan untuk menunjang karir impiannya tersebut, misalnya ikut klub debat dan menerima konsultasi gratis masalah hukum. Namun seperti halnya remaja Amerika normal, ia juga ikut pramuka, klub musik, dan menggemari internet. Dalam The Activist, rutinitas keseharian Theo tergambar jelas. Dengan latar belakang kota kecil di Midwest Amerika dan setting waktu abad ke-21, Theo melalui hari-hari yang kerap bersinggungan dengan masalah hukum ditemani anjing setianya, Judge.

The Activist bercerita tentang perjuangan Theo Boone menentang pembangunan jalan tol yang akan melintasi area ranch (peternakan terbuka) temannya, menimbulkan polusi, dan menyedot uang pembayar pajak. Alur ceritanya yang lambat seolah sengaja dibuat Grisham agar kita menyimak tiap kata dan dialog dengan cermat. The Activist menjelaskan persinggungan dunia politik dan ekonomi dengan dunia hukum. Melalui sosok remaja Theo yang gemar bertanya, pembaca disuguhi cerita tentang bagaimana sistem politik Amerika dan administrasi perekonomian berjalan, dengan bahasa yang sederhana tapi tidak menggurui dan tidak membosankan.
Klimaks The Activist, lagi-lagi, ada di Pengadilan Hewan. Pembaca diajak menikmati ketegangan dan bersorak saat terjadi adu argumen antara Theo dan pengacara profesional. Klimaks kedua ada di akhir cerita, saat Theo diminta berpidato mengungkapkan alasan kenapa mereka harus menolak jalan raya. Adegan pidato spontan tanpa teks ini menunjukkan kenapa hampir semua pemimpin persuasif jago berpidato dan sebelumnya berprofesi pengacara. Dari adegan ini tergambar garis hidup dan karir Theo di masa depan, di mana ia bergerak dari pengacara menjadi politisi, lalu menjadi pemimpin.

Theodore Boone: The Activist bisa didapat di Google Play seharga 75ribu. Walau tebalnya 304 halaman, buku ini dapat diselesaikan dalam 3 jam saja. 4 out of 5 stars for The Activist. 

0 komentar: