Selasa, 19 Mei 2015

BBC State of Play by Paul Abbott

Di tahun 2010, ada sebuah film drama psychology-thriller yang mencuri perhatian penikmat film. Jalan cerita dan endingnya sulit ditebak, tapi dialog dan latar belakang suasananya menggigit. Film tersebut punya premis: the one you’re ready to be taken a bullet for, sometimes is the one behind the gun. Walau didukung oleh sederet bintang papan atas seperti Helen Mirren, Russel Crowe dan Ben Affleck, film ts terasa membosankan. Setting suasananya terasa ketinggalan jauh dibanding dialognya. Suasana mencekam semakin luntur di akhir cerita. Film tersebut berjudul State of Play.

Tahun 2015, saya menemukan versi original dari State of Play dengan format drama televisi yang disiarkan BBC. Penasaran, saya pun mencoba menonton serial televisi sebanyak 6 episode dengan duarasi masing-masing 56 menit. And I am hooked. State of Play versi televisi jauh lebih menarik dibanding versi layar peraknya. Dialog-dialognya sederhana tapi menggigit, suasana yang terbangun lebih mencekam, fakta-fakta dikeluarkan sedikit demi sedikit sehingga alur cerita terjailn sedemikian rumit, membuat penonton sulit menebaknya. Walau sudah pernah menonton versi bioskopnya, entah kenapa saya masih berharap versi originalnya memberikan hasil yang berbeda. Dan saya tidak kecewa saat tahu bahwa akhir ceritanya sama.
Cal McCaffrey terkejut saat sejumlah kolega wartawannya mengatakan bahwa Stephen Collins, sobat lamanya, menghadapi skandal. Asistennya ditemukan tewas terlindas kereta api, dan Collins tampak sangat berduka. McCaffrey yang sedang menginvestigasi tewasnya seorang tersangka kurir narkoba menemukan bahwa kedua peristiwa tersebut terkait. Ia pun tertarik menginvestigasi kematian si asisten, dengan harapan bila menemukan kebenaran ia dapat membantu sahabat lamanya. Akan tetapi kebenaran justru menohoknya, dan ia harus menuliskan kebenaran seberapapun pahitnya itu.
Serial televisi State of Play yang tayang tahun 2003 di stasiun tv BBC One ini dibintangi oleh John Simm, David Morissey, Kelly McDonald, Bill Nighy, dan James McAvoy. Sutradara dipegang oleh David Yates (yang juga menggarap sejumlah sekuel Harry Potter) dengan penulis skenario Paul Abbott. Serial psychology political thriller ini bisa didapat dalam format DVD Box yang bisa dibeli lewat Amazon atau Disc Tara.

Bagi teman-teman yang menyukai sinetron dengan dialog menggigit dan porsi ketegangan tinggi, State of Play layak dikoleksi. Cukup luangkan waktu sejam setiap hari untuk menonton satu episode, and you will get a thrilling and capturing story.

0 komentar: