Senin, 02 November 2015

Cockpit Confidential By Patrick Smith

Air Asia hilang! Nyemplung di Laut Jawa! Aviastar lenyap! Tersangkut perbukitan angker! Selamatkan kotak hitam! Cari pihak yang bersalah! Setelah itu, senyap. Terkadang kita bertanya-tanya apa yang terjadi selama penerbangan. Bagaimana sebuah pesawat berbobot ribuan ton bisa terbang? Apa yang terjadi selama pesawat mengangkasa? Benarkah kehidupan pilot dan pramugari sangat glamour? Manakah yang lebih baik, Airbus atau Boeing? Kenapa pesawat bisa tak terdeteksi radar? Mengapa bahasa penerbangan sulit dimengerti? Cockpit Confidential menjawabnya.

Patrick Smith adalah seorang pensiunan pilot komersial (pilot ada 2 jenis: komersial dan militer). Melalui format tanya jawab ia menjelaskan berbagai hal mengenai dunia penerbangan. Masalah teknis merupakan hal yang paling banyak dijelaskan, seperti struktur badan pesawat, pelatihan yang dijalani pilot, perbedaan berbagai jenis pesawat (Airbus, Boeing,Concorde, atau Embraer), layanan penumpang, bandara, dan lain-lain. Ia juga menjelaskan sejumlah hal nonteknis, seperti bagaimana rasanya menghabiskan hidup sebagai pilot, mitos-mitos tentang pilot,pesawat,dan pramugari, dan persaingan antar maskapai. Di bagian akhir, pembaca disuguhi glosarium berisi bahasa-bahasa teknis penerbangan untuk memudahkan perjalanan pembaca dan pelancong.
Satu hal yang sangat menonjol dari Cockpit Confidential adalah kekayaan kosa katanya. 40% kata yang dipakai baru diketahui maknanya setelah membuka kamus. Bagi pembaca non-native English, banyaknya kosakata baru ini cukup mengganggu pemahaman isi buku, tapi surprisingly kita bisa memahami maksud Smith jika membaca kalimat-kalimat selanjutnya.

Informasi yang disampaikan amat,sangat, banyak sekali, dan kesemuanya bermanfaat. Buku ini sangat informatif, sangat membantu pembaca memahami dunia aviasi dan misteri yang meliputinya. Akan sangat bagus jika buku ini bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sehingga lebih banyak orang lagi yang membacanya. Buku setebal 314 halaman ini dapat diperoleh di Google Play Store seharga hanya IDR 75ribu. Walau mahal, info yang didapat sebanding dengan harga yang dibayarkan.

0 komentar: