Senin, 02 November 2015

Size 12 And Ready To Rock By Meg Cabot

Salah satu guilty pleasure saya yang paling mudah dipuaskan adalah membaca chicklit kocak, terutama karya Meg Cabot dan Sophie Kinsella. Serial Heather Wells dari Meg Cabot adalah favorit terbaru saya. Cerita tentang mantan idola remaja yang bangkrut dan alih profesi menjadi asisten direktur asrama mahasiswa New York College. Daya tarik Heather Wells adalah wanita dewasa dengan segala kekurangannya yang justru mampu membuat hidup dirinya dan orang-orang di sekitarnya berwarna.
Buku keempat dari serial Heather Wells ini menceritakan hidup Heather yang terganggu akibat adanya reality show gadis-gadis ABG di Fischer Hall, dan adanya pembunuh yang berkeliaran bebas mengincar Tania Trace, mantan saingannya.

Keistimewaan buku keempat dari ketiga novel pendahulunya adalah munculnya isu-isu wanita modern, seperti pilihan hidup tanpa anak, endometriosis, kehidupan pasangan gay, dan kekerasan dalam rumah tangga. Isu-isu itu belum muncul sampai 20 tahun yang lalu, tapi saat ini isu seperti endometriosis dan pilihan hidup tanpa anak sudah wajar diperbincangkan. Hampir setiap minggu portal-portal berita ibu kota memberitakan sejumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga yang berakhir kematian.
Beratnya isu yang diangkat, ditambah adanya cerita-cerita dan subplot tambahan membuat novel ini jadi terasa kurang kocak. Ceritanya masih tetap enak dibaca dan mengalir lancar seperti biasa. Dialog-dialog sinis atau memancing tawa masih kerap muncul, tapi intensitasnya menurun. Dialog antar tokoh-tokohnya terasa terlalu serius dan tidak seseru 3 buku pendahulunya.
Walaupun demikian, buku ini masih enak dinikmati. Buku setebal 384 halaman ini menyajikan tambahan wawancara dengan sang penulis Meg Cabot di bagian belakang buku. Google Play Book menyediakan buku ini seharga IDR 130ribu. Untuk sementara, penerbit Gramedia belum menyediakan terjemahannya. Chicklit yang kocak dan menyinggung isu wanita modern ini sangat layak dikoleksi. 3.5 dari 5 bintang.


0 komentar: