Selasa, 10 Mei 2011

Powerful Softwares

    Merasa bingung karena keterbatasan informasi soal komputer? Ingin memasukkan program yang berguna tapi tidak memberatkan? Ingin memperoleh free-software terbaru tapi situs pengembang yang bersangkutan sulit dibuka? Cobalah buka filehippo.com.
    Situs filehippo.com adalah situs sederhana yang memungkinkan kita mengunduh program-program yang bermanfaat bagi komputer kita. Mencakup program-program yang populer maupun yang jarang didengar oleh awam. Disini kita bisa memilih apakah akan mengunduh program gratis atau berbayar. Untuk software yang berbayar kita bisa mencoba versi trial atau shareware. Setelah mencobanya selama beberapa waktu dan cocok, kita bisa membelinya melalui link yang telah disediakan. 

    Di situs ini disediakan update checker yang memungkinkan kita mengetahui dan memperbarui software yang sudah diinstal di komputer kita. Setiap pembaruan dari suatu perangkat lunak membawa konsekuensi peningkatan jumlah memori yang digunakan. Jadi sebelum memperbarui suatu perangkat lunak lebih baik informasi tentang pembaruan dibaca terlebih dulu sehingga kita tidak akan terkejut bila komputer melambat atau tidak bisa digunakan multi-tasking.
    Tampilan awal filehippo.com begitu sederhana. Kita cuma disuguhi dengan kotak-kotak sederhana berisi perangkat lunak yang sudah dikelompokkan. Ada kelompok popular software, latest updates, antimalware, audio&video, desktop, file sharing dan sebagainya. Pengelompokan ini sangat bermanfaat karena kita bisa langsung menuju jenis software yang dibutuhkan dan melihat rekomendasi software lain yang sejenis.
    Saya sering mengupdate perangkat lunak dari situs ini, dan tentunya saya pilih perangkat lunak yang gratis. Kelebihan perangkat lunak gratisan adalah ringan (tidak memakan banyak memori) dan mudah digunakan. Bandingkan dengan software berbayar macam Adobe Photoshop yang berat karena banyaknya fitur yang ditawarkan (padahal cuma fitur dasar saja yang dipakai).
    Perkecualian diberikan kepada perangkat lunak antivirus dan antimalware. Memang disediakan versi gratisan yang cukup memadai bagi pengguna awam. Namun saya sarankan untuk memperbarui database antivirus setiap hari dan membeli software versi berbayarnya yang menyediakan perlindungan lebih baik dan menyeluruh. Serangan DDoS terhadap Wordpress dan Gmail.com membuktikan bahwa perlindungan menyeluruh cukup membantu pengguna komputer menyelamatkan data terpenting sebelum komputer hang dihantam virus.

0 komentar: