Sabtu, 07 Mei 2011

NHK : Professionals

    Setiap hari sabtu ada satu acara televisi yang selalu saya nantikan, yaitu Professionals di NHK. Program mingguan dari NHK ini mengulas perjalanan hidup berbagai ahli di bidangnya, mulai dari dokter bedah, peneliti, koki, psikolog autis sampai ahli pemasaran. Karena jam tayangnya terkadang berubah sejak terjadinya gempa Jepang, saya terkadang melewatkan acara televisi satu ini, dan saya sungguh menyesal. Acara ini menarik karena memacu saya untuk tetap termotivasi menghadapi hidup dengan menyediakan para profesional itu sebagai panutan.

    Program Professionals menggambarkan garis besar perjalanan hidup seorang ahli beserta berbagai hal yang sudah diperbuatnya yang menjadikannya "expert" di bidangnya. Program dibuka dengan seorang ahli melakukan kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari disertai narasi tentang hal apa yang membuatnya istimewa. Setelah itu baru pengenalan tokoh seorang ahli disertai pendapat tentang dirinya dari orang-orang terdekat dan koleganya.
    Dalam acara ini dijelaskan bagaimana relasi sang ahli dengan keluarga, atasan, bawahan dan teman-temannya. Bagaimana tanggung jawab seorang anak terhadap orang tuanya mendorong ia untuk memajukan makanan daerah asalnya. Bagaimana seorang peneliti memacu semangat mahasiswa bimbingannya untuk menghasilkan karya penelitian yang sanggup menolong orang banyak, atau bagaimana seorang floor designer mendorong manajer pemasaran bawahannya untuk berinteraksi lebih baik dengan pelanggannya.
    Diceritakan pula tentang salah satu tantangan dalam hidup sang ahli dan langkah-langkah yang diambilnya untuk mengatasi tantangan tersebut. Bagian ini membuat saya sadar bahwa kemampuan dan kekuatan hati yang telah ditempa pengalaman bertahun-tahun membantu membentuk karakter pantang menyerah dan kesabaran untuk bernegosiasi dengan orang lain dan diri sendiri.
    Setiap ahli memiliki tujuan-tujuan dalam hidupnya dan mereka terus berusaha meraih pencapaian-pencapaian baru setiap salah satu tujuan terpenuhi. Mereka memiliki definisi sendiri-sendiri tentang apakah professional itu. Salah satu berpendapat bahwa professional adalah orang yang terus berusaha mencapai impian-impian dan tujuan-tujuan dalam hidupnya. Ada yang berpendapat bahwa menolong orang dengan mengerahkan segenap kemampuan bisa disebut professional.
    Apapun pendapat mereka,saya mengagumi kemampuan mereka untuk tetap maju dan berjuang dalam hal yang paling mereka senangi dan kuasai sehingga mereka menjadi seorang ahli.
   

1 komentar: