Selasa, 21 Februari 2012

TabunganKu

          Kenapa kita perlu menabung? Untuk memeberikan rasa aman. Kita perlu tabungan untuk memastikan kita punya dana cadangan untuk kebutuhan darurat dan kebutuhan kita di masa depan. Memiliki cadangan uang membuat kita merasa aman.

          Manfaat menabung lainnya adalah kita punya dana sisa untuk diinvestasikan ke dalam produk investasi seperti reksa dana atau deposito. Dana cadangan di tabungan juga memungkinkan kita memiliki fasilitas lain seperti kartu kredit dan memungkinkan membayar hal-hal yang kita butuhkan di masa depan.
          Cara menabung cukup mudah. Cukup sisihkan penghasilan bulanan sebesar 10-30% dan masukkan ke rekening khusus tabungan yang berbeda dari rekening investasi, tagihan dan kartu kredit. Kalau menyisihkan tabungan sebesar 10% dirasa terlalu berat, bisa dimulai dari 2%. Atau menabung di celengan tanah liat, sesudah terkumpul banyak baru dimasukkan bank.
          Kalau belum punya tabungan di bank? Buka saja TabunganKu. TabunganKu adalah fasilitas pembukaan rekening tabungan dari pemerintah yang dapat dibuka di bank-bank lokal. Fasilitas tabungan ini menarik biaya administrasi 5000 dalam setahun dan memberi bunga 0.1% per bulan. Beberapa bank memberi fasilitas kartu ATM dan pembelian reksa dana kepada pemegang rekening TabunganKu.
          Syarat membuka rekening cukup dengan fotokopi KTP, tanda tangan, nama asli ibu kandung dan setoran awal 20 ribu. Waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit. Kita akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening yang isinya sama dengan KTP.
          Perbedaan TabunganKu dibanding tabungan biasa adalah penarikan dengan kartu ATM yang dibatasi. BCA membatasi hanya 4 kali sebulan dengan nominal berapapun yang tersedia di tabungan kita. Mandiri dan BNI membatasi 2 kali sebulan dengan penarikan maksimal 100ribu. Tapi Mandiri memberi tambahan fasilitas pembelian reksa dana. Bank-bank lain biasanya memasukkan pembelian reksa dana ke layanan wealth management.
          Bila anda berniat untuk menabung, maka bank yang saya sarankan untuk membuka rekening TabunganKu adalah Mandiri. Adanya pembatasan penarikan dengan ATM justru menguntungkan karena pengguna tidak tergoda mengambil dananya. Cukup memasukkan dana tabungan awal tiap bulan. Keuntungan lainnya adalah saat menabung atau menyetor ke rekening tidak dikenai biaya. Rekening TabunganKu juga bisa dipakai untuk membeli ReksaDana.

0 komentar: