Langsung ke konten utama

Theodore Boone : Kid Lawyer by John Grisham

                Karya ringan dari John Grisham yang diterbitkan pada 2010 ini memiliki alur cerita yang mudah dimengerti, cepat dan ringan. Khas anak muda. Theodore Boone lebih cocok disebut sebagai novel hiburan yang meramu dunia remaja Amerika, hukum dan humor ringan di sana sini.
                Novel ini mengambil latar kota kecil Strattenburg saat ini. Kaum remaja sudah akrab dengan Facebook, meretas situs, dan chatting. Orang dewasa kaum pekerja sudah menggunakan laptop dan smartphone untuk bekerja. Disini dikisahkan kehidupan sehari-hari Theo Boone, remaja yang menggilai dunia hukum dan berambisi menjadi pengacara pidana. Ibunya, Marcella Boone, seorang pengacara perceraian. Ayahnya, Woods Boone, pengacara real estat. 

                Sehari-hari Theo membuka layanan konsultasi hukum gratis kepada teman-teman dan orang-orang yang membutuhkannnya. Berkat kemampuannya membobol dan mengakses database situs pengadilan Strattenburg ia dapat memberitahu orang-orang apa yang sebaiknya mereka lakukan dan pengacara mana yang mereka butuhkan kala berurusan dengan hukum.
                Theo berteman baik dengan Judge Harry Gantry, salah satu hakim pidana pengadilan Strattenburg. Ia juga mengenal hampir semua pengacara,jaksa, paralegal, klerek, dan bailiff yang bertugas di pengadilan karena setiap hari ia berkeliaran di sekitar pengadilan.
                Saat itu topik paling panas di Strattenburg adalah suatu kasus pembunuhan istri oleh suaminya demi memperoleh uang jaminan asuransi senilai $1juta. Theo tidak sengaja terlibat. Julio Pena bercerita bahwa sepupunya, Bobby Escobar, melihat pembunuhan itu dan menyimpan barang buktinya. Julio memberikan barang bukti pembunuhan kepadanya. Theo yang bingung dan ketakutan menghubungi Ike Woods,pamannya. Setelah Ike menonton persidangan dan melihat bahwa si pembunuh akan bebas, ia dan Theo menceritakan penemuan saksi dan bukti baru tersebut kepada orang tua Theo. Berempat, mereka menghadap Judge Gantry dan menceritakan penemuan baru Theo. Judge menyatakan persidangan ditunda sementara dan menjadwalkan persidangan baru dengan kasus yang sama.
                Grisham menceritakan kehidupan Theo selama 2 minggu yang mendebarkan dalam alur yang runut. Ia menjelaskan berbagai istilah dasar hukum dan pengadilan dengan bahasa remaja yang mudah dicerna melalui tokoh Theo. Novel ini terasa sebagai hiburan sekaligus pengenalaan dunia hukum kepada orang awam. Kata-kata yang digunakan adalah bahasa sehari-hari. Jarang ditemui istilah-istilah teknis yang membingungkan seperti karya-karya Grisham terdahulu.
                Penerbitan buku Theodore Boone: Kid Lawyer saya lihat sebagai upaya John Grisham merangkul kalangan pembaca generasi ChickLit yang menyukai hal-hal sederhana dan bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Grisham merangkai cerita sederhana dengan bumbu ketegangan, persahabatan, narkoba,imigrasi dan asmara yang dimunculkan sepintas. Karya barunya ini jadi terasa ringan, mudah dipahami dan renyah. Salut untuk John Grisham yang berhasil menelurkan karya baru yang segar.
                Bagi pembaca remaja, pemula atau anak-anak, karya ini saya sarankan sebagai pengantar sebelum membaca karya Grisham atau buku-buku hukum lain. Teman-teman akan mendapat gambaran singkat tentang dunia hukum dan pengadilan. Dus buku ini juga ringan, mudah dipahami dan menghibur.  Humor-humor yang disisipkan sanggup membuat kita tersenyum dan merasa santai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagus Serap Air

    Konsekuensi dari tinggal di kamar kos dekat pohon besar adalah kamar yang lembab. Begitu pula dengan kamar saya. Tepat di depan kamar menjulang pohon mangga. Kaum tetumbuhan setiap malam rajin mengeluarkan karbon dioksida dan uap air sepanjang hari. Tidak heran kamar saya menjadi lembab, rentan jamur, baju dan buku terancam lapuk.     Untuk itulah saya memerlukan desiccants alias penyerap lembab yang dapat menyerap uap air dengan kuat. Saya pun mencoba Bagus Serap Air varian 450 ml sekali pakai. Bahan Aktif yang digunakan ialah butiran kalsium klorida (CaCl). Hasilnya? Dalam waktu 30 hari satu wadah penuh terisi cairan air dan garam yang berasal dari kelembaban di kamar saya.

Teh Tarik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minuman bernama teh tarik ini bisa dibilang barang baru. Minuman yang berasal dari campuran teh hitam dengan susu ini baru dikenal awal tahun 200an, saat beberapa restoran menawarkan menu-menu ala negeri jiran, terutama Malaysia dan Singapura. Teh tarik biasa disajikan bersama roti bakar dan wafel di restoran-restoran ini.     Teh tarik sering rancu diartikan sebagai teh susu. Walau benar sebagian, ada perbedaan kecil antara teh tarik dan teh susu. Teh tarik adalah teh susu yang dituang bolak-balik di antara dua gelas besar sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Teh susu yang biasa disajikan di booth-booth berbagai merek teh biasanya hanya teh hitam dicampur susu yang dikocok beberapa saat dengan es batu.

The Last Ship

Sebuah virus yang lebih mematikan dari Ebola dan lebih menular dari SARS menyerang penduduk bumi. Belum ada vaksinnya. Penduduk dunia yang tewas karena virus bertambah dengan cepat dari hari ke hari. Harapan terakhir ada di pundak virolog Dr. Rachel Scott dan awak kapal USS Nathan James. Mereka berjuang mencari vaksin virus tersebut agar dapat segera diberikan kepada orang-orang yang terinfeksi. The Last Ship adalah tontonan yang tepat bagi wanita pencandu ketegangan tapi tidak ingin kehilangan hiburan wajah-wajah tampan. Marinir-marini kapal USS Nathan James adalah gambaran ideal pasukan angkatan laut. Taktis, kuat, gesit, lincah, serba bisa, dan lumayan punya rasa humor. Bagi para wanita, inilah salah satu serial yang memanjakan mata.