Minggu, 01 Februari 2015

Gulp: Adventures On The Alimentary Canal By Mary Roach

Bosan dengan buku diktat biologi tentang sistem pencernaan? Penasaran dengan cerita-cerita aneh terkait sistem pencernaan manusia? Bacalah Gulp. Buku kedua dari Mary Roach setelah Stiff ini menyajikan berbagai petualangan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, mulai dari pemakaian anus untuk menyelundupkan iPhone dan narkoba, hingga bagaimana api bisa membakar ruangan yang penuh gas kentut. Roach berusaha memberi informasi tidak biasa yang berkaitan dengan organ-organ pencernaan manusia beserta berbagai kegunaan “alternatif”nya.

Kesan pertama saya saat membaca bagian awal buku ini adalah: “Wow, ternyata organ pencernaan manusia itu luar biasa”. Tapi semakin ke belakang dan semakin menekuni organ pencernaan, semakin sulit saya menyelesaikan buku ini. Informasi yang diberikan variatif, menarik, tak terduga, noteworthy, dan memicu saya mencari jurnal resminya di internet. Tetapi kosakata yang digunakan semakin lama semakin sulit, grammar dalam penyusunan cerita pun semakin rumit. 
Ada sejumlah cerita yang tidak bisa saya tangkap esensinya karena saya tidak tahu vocabulary dan grammar yang dipakai. Saya belum membaca Stiff, jadi belum tahu apakah vocabulary dan grammar rumit adalah ciri khas Mary Roach.
Kelebihan buku ini, tentu saja, adalah kelucuan cerita, ketidakterdugaan manfaat dari organ pencernaan, dan kekayaan vocabulary yang tidak biasa. Kalau kita bosan dengan buku-buku investigatif yang ceritanya menarik tapi kosakatanya kurang menantang, maka Gulp wajib dikoleksi dan dibaca berulang kali. 
Kelebihan Gulp lainnya adalah variasi cerita tentang organ pencernaan, ada cerita yang menakutkan, menjijikkan, mengharukan dan tragedi terkait organ manusia (terutama yang melibatkan lambung dan usus halus). Gulp bisa menjadi referensi penting bagi sejumlah buku yang berkaitan dengan industri makanan,misalnya Salt Sugar Fat dari Michael Moss atau Fast Food Nation dari Eric Schlosser.

Hingga resensi ini ditulis, Gulp belum tersedia di Google Play. Jadi bagi teman-teman yang penasaran, bisa mencari buku setebal 300 halaman ini di Periplus dengan harga 192 ribu. Stiff belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia, jadi sepertinya Gulp juga tidak akan diterjemahkan. Bila ingin memperolehnya, Periplus atau Amazon bisa menjadi pilihan. 

0 komentar: