Minggu, 01 Februari 2015

Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah. Diedit Oleh Pepih Nugraha

Banyak sekali platform blogging bertebaran saat ini. Salah satunya adalah Kompasiana, platform menulis blog dari harian Kompas. Kelebihan Kompasiana dibanding Wordpress, Blogger, atau platform lainnya adalah tulisan-tulisan di dalamnya punya kesempatan besar untuk diterbitkan di versi cetak (koran Kompas) ataupun dalam bentuk buku. Salah satunya adalah Cinta Indonesia Setengah dari Penerbit Bentang yang diedit oleh pendiri Kompasiana sekaligus wartawan senior Kompas, Pepih Nugraha.

Kita para blogger terkadang hanya mendengar dan memahami sudut pandang diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita saja. Dari kumpulan artikel kompasiana ini, kita bisa melihat berbagai tema dan permasalahan dari sudut pandang orang lain. Misal pada tema ekonomi, tulisan-tulisan cenderung chauvinis dan sempit terhadap keunggulan Indonesia masih bertebaran. Ironisnya: tulisan bernada rendah diri justru menghiasi bab nasionalisme.
Dari buku ini juga, kita jadi sadar kualitas blogger-blogger kita yang masih jauh dibanding penulis editorial atau opini di Kompas Cetak. Jangankan dibandingkan dengan blog di harian-harian Singapura atau Jepang, dibandingkan dengan blog atau tulisan di koran lokal macam Kontan atau Investor Daily saja masih kalah.

Mungkin tulisan di Kompasiana memang tidak dimaksudkan untuk investigasi atau tulisan serius, lebih condong ke tulisan untuk curahan hati. Walaupun ada juga tema dengan tulisan-tulisan menarik yang mencerahkan pikiran, seperti di bagian pertanian dan kelautan. Tulisan-tulisan lainnya pun cukup bagus, selama tidak dibandingkan dengan tulisan @newsplatter atau Andy Noya. Tapi jika dibandingkan dengan tulisan di situs, tulisan yang sudah diedit ini lebih menarik. Cukup 1.5 dari 5 bintang.

0 komentar: