Rabu, 22 Juli 2015

Things I Got On Book

image from magazine.biola.edu
Sebagai seorang kutu buku karatan, ada sejumlah pencerahan yang saya dapat pasca membaca buku-buku, terutama buku bertema investigasi atau sejarah. Berikut hal-hal yang dipelajari dari buku:
1. Negara menarik pajak, membelanjakannya untuk militer dan polisi, baru sisanya dibelanjakan untuk membangun negara. Hampir sebagian besar belanja negara dialokasikan untuk ibu kota (War: Ian Morris).

2. Hutan hujan tropis mirip dengan kota megapolitan. Spesies tertentu dan pekerjaan tertentu hanya terdapat di hutan hujan tropis atau kota megapolitan karena kepadatan populasi dan tingginya tingkat keragaman (Weather Makers)
3. Pertumbuhan persentase pendapatan lebih tinggi di kota-kota besar lebih cepat dibanding kota-kota kecil atau desa, sebagai akibat dari tingginya kompetisi untuk menarik pekerja dengan kualitas terbaik. Tapi pertumbuhan tersebut dengan cepat tersedot oleh inflasi, pajak, dan peningkatan gaya hidup (Logic of Life: Tim Harford)
4.   Subsidi justru membuat daya saing pihak yang disubsidi menurun. Karena subsidi, mereka merasa tidak perlu meningkatkan efisiensi, daya saing, dan kualitas pekerjaan atau produk mereka. Toh input atau output mereka disubsidi pemerintah (Rumah Ekonomi, Rumah Budaya: Chatib Basri dkk)

5. Manusia sangat mudah dipengaruhi suhu udara, kelembaban, warna, cahaya, dan manusia lain. Kita bisa memanfaatkan hal-hal tsb untuk mempengaruhi orang lain (Drunk Tank Pink)

0 komentar: